Mengenal Karakter Doctor Doom, Diperankan Robert Downey Jr!

Doctor Doom Marvel
(Marvel Studios)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Robert Downey Jr telah resmi kembali ke Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun kali ini, ia tidak akan kembali sebagai Tony Stark alias Iron Man, melainkan sebagai Victor Von Doom atau Doctor Doom, seorang villain ikonik dari Marvel.

Downey Jr akan memerankan Doctor Doom dalam film terbaru Avengers: Doomsday, yang disutradarai oleh duo Joe dan Anthony Russo.

Mengenal Doctor Doom

Victor Von Doom atau terkenal dengan Doctor Doom, adalah salah satu karakter villain paling terkenal dalam dunia Marvel, terutama terkait dengan Fantastic Four. Ia memiliki kombinasi kemampuan magis dan ilmu pengetahuan yang luar biasa, serta karakter yang haus dengan kekuasaan dan penuh misteri.

Marvel memperkenalkannya pertama kali dalam komik Fantastic Four #5 pada tahun 1961 yang dibuat oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Dalam debutnya, Doctor Doom sudah menunjukkan rencana jahatnya dengan menculik The Invisible Woman.

Victor Von Doom adalah anak dari Cynthia dan Werner Von Doom. Ayahnya, Werner, terkenal memiliki kemampuan magis yang dapat menyembuhkan orang sakit. Pada suatu waktu, Werner dipanggil ke Kerajaan Latveria oleh Baron Vladimir Fortunov untuk menyembuhkan istrinya yang sakit parah.

Sayangnya, sang baroness meninggal dunia karena penyakitnya sudah terlalu parah. Hal ini membuat Baron marah dan menyalahkan Werner, yang kemudian berusaha melarikan diri bersama keluarganya di tengah cuaca dingin. Namun, Werner meninggal dalam usaha tersebut.

Kehidupan Victor Von Doom

Setelah kematian suaminya, Cynthia terpaksa bersekutu dengan iblis Mephisto untuk mendapatkan kekuatan demi melindungi keluarganya. Namun, ia tetap meninggal dunia. Victor, yang mewarisi kekuatan supranatural dan kecerdasan dari orang tuanya, memutuskan untuk mengabdikan hidupnya pada ilmu pengetahuan.

Victor kemudian mempelajari berbagai ilmu, baik tradisional maupun supranatural. Pendalaman ilmu ini membawanya ke Amerika Serikat, di mana ia bertemu dengan Reed Richards. Di sana, ia kerap melakukan eksperimen dengan berbagai ilmu pengetahuan modern dan sihir.

Suatu hari, Reed Richards melihat rancangan percobaan Victor dan mengkritisinya. Hal ini membuat Victor merasa bahwa Reed terlalu ikut campur dan berniat buruk terhadapnya. Ketidaksukaan Victor kepada Reed semakin menjadi ketika Reed mendapat popularitas sebagai Mister Fantastic dari Fantastic Four, sedangkan dirinya selalu gagal dalam eksperimen.

akhirnya, Victor mengalami kecelakaan di laboratorium saat melakukan eksperimen, yang membuatnya frustrasi dan memilih untuk mengasingkan diri.

Transformasi jadi Doctor Doom

Pada komik Books of Doom #5-6 (2005), Victor kembali dengan wajah berlapis baja dan identitas baru sebagai Doctor Doom. Ia memiliki kekuatan super dan berhasil menggulingkan Raja Fortunov di Latveria serta mendapatkan banyak pengikut.

Marvel menggambarkannya sebagai kombinasi dari bakat alami, studi intensif, serta ego yang besar. Berbagai eksperimen yang ia lakukan mengubah hidupnya. Bahkan, ia pernah mencoba bereksperimen untuk menembus dunia lain dan menemui ibunya, namun usaha tersebut gagal. Hal ini membuatnya mencari ilmu lain dalam pengasingan.

Doctor Doom terkenal sebagai pemimpin yang memperhatikan rakyatnya dan menjaga Latveria tetap berjalan lancar. Namun, sebagian rakyat lainnya menilai ia adalah raja yang jahat yang bersedia menukar nyawa demi tujuannya sendiri.

BACA JUGA: Marvel Comics Bakal Cetak Ulang Komik Micronauts

Marvel menggambarkan bahwa Doom yang sakti mandraguna memang memanfaatkan kekuatan penuh negaranya dan memperoleh keuntungan dari kekebalan diplomatik yang ia miliki.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
konser Tunggu Aku Sheila on 7
Sheila on 7 Lampiaskan Kerinduan Penggemar di Konser Tunggu Aku di Samarinda
Jakarta dan Medan Masuk Tiga Besar Kota dengan Kualitas Udara Terburuk
Jakarta dan Medan Masuk Tiga Besar Kota dengan Kualitas Udara Terburuk Dunia
Pemkot Bandung Optimis Tingkat Partisipasi Pilkada 2024
Pemkot Bandung Optimis Tingkat Partisipasi Pilkada 2024 Capai 90 Persen
Prabowo-Gibran Sudah Punya Modal Besa
Persaudaraan 98: Prabowo-Gibran Sudah Punya Modal Besar, Harus Dijawab dengan Kerja Keras
pimpinan TKN Prabowo- Gibran meninggal
Wakil Pimpinan Relawan TKN Prabowo-Gibran, Roy Maningkas Meninggal Dunia!
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

3

Tottenham Hotspur Rekrut Pemain Muda Korea Selatan, Yang Min-Hyuk

4

Gantikan Hasyim Asy'ari, Mochammad Afifuddin Resmi jadi Ketua KPU Definitif

5

Kata-kata Jualan Online di Facebook yang Bikin Orang Tertarik
Headline
Timnas Indonesia U-19 Dapat Dukungan Dari Marc Klok
Final Piala AFF U-19: Timnas Indonesia U-19 Dapat Dukungan Dari Marc Klok
dana kampanye Kamala Harris
Terus Ungguli Trump, Dana Kampanye Kamala Harris Tembus Rp3,2 Triliun!
Jokowi Gelar Sejumlah Rapat dengan Forkopimda
Bekantor di IKN, Jokowi Gelar Sejumlah Rapat dengan Forkopimda
Gibran Bahlil Lahadalia
Gibran Datangi Kantor Menteri Bahlil Lahadalia, Ngapain ?