Joe Biden Klaim Paling Berjasa untuk Rakyat Palestina, Benarkah?

joe biden palestina
(Dok.The White House)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Dalam pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengklaim dirinya menjadi orang paling berjasa membantu rakyat Palestina.

Dia merasa menjadi pemimpin utama untuk berkontribusi daripada yang lain. Bantuan yang diklaim adalah obat-obatan dan makanan di tengah agresi Israel kepada Palestina.

“Sayalah orang yang berbuat lebih banyak untuk komunitas Palestina dibandingkan siapa pun. Saya membuka perbatasan agar obat-obatan dan makanan bisa masuk (Gaza),” kata pengakuan Biden dalam wawancara yang diunggah kembali di media sosial, dikutip Selasa (16/07/2024).

BACA JUGA: Tegas, PBNU akan Panggil Lima Nahdiyin yang Bertemu Presiden Israel!

Dalam unggahan ulang wawancaranya, dia juga mengklaim menolak pemberian bantuan  senjata untuk Israel, dengan mengatakan “menolak memberi mereka senjata ofensif”.

“Saya sudah menjelaskannya dengan jelas, (Israel) tidak bisa menggunakan senjata yang kami berikan kepada mereka untuk digunakan di wilayah sipil,” jelas Biden.

Klaim dukungan Biden itu terhadap penderitaan warga sipil Palestina, segera mendapatkan bantahan secara daring oleh seseorang komentator.

“Anda mungkin berpikir seseorang yang telah membunuh 38.000 warga Palestina di bawah jabatannya akan memiliki sedikit lebih banyak kerendahan hati,” tulis komentar seseorang dalam unggahan tersebut.

Sebelumnya, Joe Biden juga mengatakan, bahwa agresi Israel kepada Palestina harus terhenti dan tidak boleh menduduki kantong Gaza, pada Kamis pekan lalu.

Kepada wartawan, dia mengatakan Israel dan Hamas harus setuju gencatan senjata. Namun, masih ada celah yang harus ditutupi.

Biden dalam akhir Mei 2024 merinci proposal tiga fase untuk mencapai gencatan senjata, pembebasan sandera di Gaza dan tahanan Palestina di Israel, serta pembangunan kembali daerah kantong pantai tersebut.

Direktur CIA Bill Burns dan utusan AS untuk Timur Tengah Brett McGurk sedang berada di Timur Tengah dalam pekan ini, untuk membicarakan kesepakatan gencatan senjata

Ini adalah masalah yang sulit dan kompleks. Masih ada celah yang harus ditutup. Kami membuat kemajuan. Trennya positif. Saya bertekad untuk menyelesaikan kesepakatan ini dan mengakhiri perang ini, yang seharusnya berakhir sekarang,” kata Biden dalam konferensi pers.

“Ini adalah masalah yang sulit dan kompleks. Masih ada celah yang harus ditutup. Kami membuat kemajuan. Trennya positif. Saya bertekad untuk menyelesaikan kesepakatan ini dan mengakhiri perang ini, yang seharusnya berakhir sekarang,” kata Biden dalam konferensi pers.

Sementara itu, kelompok tentara Islam Palestina, Hamas telah menerima bagian penting dari rencana AS, dengan mencabut tuntutan kepada Israel yang harus berkomitmen realisasi gencatan senjata lebih dulu.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menegaskan, kesepakatan itu tidak boleh menghalangi pasukannya untuk bertempur hingga tujuannya tercapai. Ia menyatakan, akan membumihanguskan pasukan Hamas.

Namun, kantor Netanyahu menyatakan, bahwa dirinya berkomitmen untuk mengamankan kesepakatan gencatan senjata, dengan catatan garis merah Israel dihormati.

 

(Saepul/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Pembakaran rumah wartawan
Kronologi Pembakaran Rumah Wartawan Karo, Tiga Orang Jadi Tersangka
Fenomena-Aphelion-2
Pesan Berantai Fenomena Aphelion Menyesatkan Masyarakat!
Penjelasan Yusril Ihza Mahendra tentang Perubahan Nama dan Kedudukan dari Watimpres Menjadi DPA
Penjelasan Yusril tentang Perubahan Nama dan Kedudukan dari Wantimpres Menjadi DPA
Budaya Bersih di Jawa Barat
Bey Dorong Transformasi Budaya Bersih di Jawa Barat
Jadwal Timnas U19 Indonesia di Piala AFF U19 2024
Daftar Lengkap 23 Pemain Timnas Indonesia U-19, Kiper Muda Persib Masuk Line Up
Berita Lainnya

1

Kominfo Ajak Anak Muda Garut Tingkatkan Rasa Toleransi dan Produktivitas

2

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

3

Kalahkan Djokovic di Laga Final, Carlos Alcaraz Juara Wimbledon 2024

4

5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel, PBNU: Tak Paham Geopolitik!

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
wna prostitusi online
Imigrasi Ungkap Kasus Prostitusi WNA Online, 1 Mucikari 5 Wanita
Link-Live-Streaming-Perkenalan-Mbappe-di-Santiago-Bernabeu
Link Live Streaming Perkenalan Mbappe di Real Madrid
Ilustrasi. (Freepik)
Cuaca Ekstrem Melanda, Waspada Wargi Bandung!
Arsan Latif penjara
Kejati Jabar Penjarakan Eks PJ Bupati Bandung Barat Arsan Latif