Penting! Ini 7 Penyebab Sariawan

Penyebab sariawan
Penyebab sariawan. (istockphoto)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Sariawan merupakan luka yang sering muncul pada area mulut. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab sering munculnya sariawan, agar masalah ini dapat diatasi dengan baik, dan tidak muncul secara berkala.

Biasanya, banyak yang menganggap sariawan ini merupakan masalah yang sepele, padahal sariawan dapat menjadi gangguan mukosa mulut yang akan berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain perih, sariawan juga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mengenali Berbagai Penyebab Seringnya Sariawan

Sebelum membahas penyebab seringnya sariawan, penting untuk dipahami bahwa sariawan bisa disebabkan oleh beragam faktor yang berbeda.

Meskipun memiliki gejala yang sama, penyebab seringnya sariawan pada setiap individu bisa bervariasi. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat membuat seseorang lebih rentan terkena sariawan:

1. Pertumbuhan Jamur

Pertumbuhan jamur Candida albicans secara berlebihan di dalam mulut dapat menjadi penyebab sariawan yang sering. Biasanya, jamur ini membentuk lapisan putih berupa bercak-bercak. Jamur Candida albicans dapat berkembang dengan subur ketika daya tahan tubuh lemah atau kebersihan mulut tidak terjaga.

2. Luka pada Mulut

Luka pada mulut, baik itu akibat mengunyah makanan, menggunakan gigi palsu yang kurang pas, atau tindakan lain yang merusak jaringan mulut, dapat menjadi pemicu munculnya sariawan.

3. Menurunnya Sistem Kekebalan Tubuh

Penurunan sistem kekebalan tubuh, terutama karena kekurangan zat besi atau vitamin, dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi dan sariawan.

4. Konsumsi Buah Asam

Buah-buahan yang asam seperti jeruk, nanas, dan lemon, meskipun tidak secara langsung menyebabkan sariawan, dapat menyebabkan iritasi pada jaringan mulut yang sudah luka, memicu rasa sakit dan peradangan.

5. Efek Samping Obat

Beberapa jenis obat, seperti antibiotik, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAIDs), atau obat kanker, dapat menyebabkan sariawan sebagai efek sampingnya.

6. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan vitamin dan mineral seperti vitamin B12, zat besi, asam folat, seng, dan kalsium dapat memicu munculnya sariawan.

7. Gingivostomatitis

Infeksi bakteri atau virus pada mulut, terutama karena kebersihan mulut yang buruk, dapat menyebabkan kondisi ini.

Penanganan dan Pencegahan Sariawan

Meskipun sariawan umumnya dapat sembuh sendiri dalam waktu satu hingga dua minggu, penting untuk tetap memperhatikan ukuran dan frekuensi sariawan.

Jika sariawan semakin membesar, muncul sariawan baru yang tidak sembuh dalam waktu tiga minggu, atau disertai dengan demam dan diare, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

BACA JUGA: Ketahui Cara Mengobati Sariawan Pada Mulut!

Selain itu, perawatan mulut yang baik, seperti menjaga kebersihan gigi dan mulut, membatasi penggunaan obat kumur yang berpotensi merusak keseimbangan bakteri, serta menghindari makanan atau minuman yang dapat memicu iritasi, dapat membantu mencegah sariawan.

Jangan lupa untuk menjaga pola makan yang seimbang dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk mendukung kesehatan mulut dan tubuh secara keseluruhan.

Pemahaman yang baik mengenai penyebab sariawan dapat membantu menemukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi luka yang memberi ketidaknyamanan tersebut.

 

(Vini/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Marc Marquez MotoGP Austria
Tampil Garang di MotoGP Austria 2024, Marc Marquez Bangkit dari Posisi 13 Finis di Empat Besar
Brentford
Hasil Pertandingan: Brentford vs Crystal Palace Berakhir 2-1
BMW CE 02
BMW CE 02 Siap Mengaspal, Punya Fitur Unik Mirip Mobil!
Kuliner Malam Jombang
6 Rekomendasi Tempat Kuliner Malam di Jombang
Candi Rimbi Jombang
Lokasi, Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Rimbi Jombang
Berita Lainnya

1

Lengkap, Kelebihan dan Kekurangan Kijang Super

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Ciri-ciri Kucing Pemburu Tikus yang Baik

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!
Headline
Persib Bandung Sadar Akan Ganasnya Dewa United
Persib Bandung Sadar Akan Ganasnya Dewa United, Bojan Hodak: Ini Akan Menjadi Laga Yang Sulit
Dewa United Bidik Poin Sempurna Kontra Persib
Dewa United Bidik Poin Sempurna Kontra Persib
Mohamed Salah Gol Liverpool
300 Kontribusi Gol untuk Liverpool Ditorehkan Mohamed Salah
Timnas Voli Putra Indonesia
Raih Dua Kemenangan Timnas Voli Putra Indonesia Tempati Posisi Klasemen Rawan