Mulai Juni 2024, Asesmen Kompetensi Guru Madrasah Akan Berbasis Digital

Asesmen Guru Madrasah
Asesmen Guru Madrasah. (dok. kemenag)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Proses transformasi digital  di Kementerian Agama (Kemenag) terus berlanjut. Beberapa layanan yang sebelumnya dilakukan secara manual, akan segera dialihkan ke platform digital. Salah satu contohnya adalah proses asesmen kompetensi guru madrasah, yang direncanakan akan beralih ke format digital mulai bulan Juni 2024.

“Uji coba dilakukan untuk memastikan sistem berjalan baik, menyajikan data madrasah secara komprehensif dan terintegrasi, serta user friendly,” kata Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Thobib Al-Asyhar dalam giat Uji Coba Aplikasi Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) sekaligus Pengembangan Modul SIMPATIKA untuk AKGTK Madrasah di Jakarta, mengutip kemenag, Senin (29/4/2024).

Ia juga menambahkan bahwa pengawas akan menggunakan sistem tersebut untuk menjalankan tugas pengawasan dan pelaporan mereka secara digital.

Thobib berharap penggunaan sistem ini akan mempermudah serta meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan asesmen kompetensi guru madrasah. Sehingga akan menciptakan pemetaan kompetensi guru yang lebih komprehensif.

“Asesmen sangat penting. Pasalnya, guru perlu dipetakan kompetensinya guna memastikan bahwa mereka memiliki profesionalisme yang baik,” tandasnya.

Menurut (Kasubdit Bina GTK MI/Mts) Fakhrurrozi, kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif Program Pengembangan Profesional berkelanjutan dan juga merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pengujian Kompetensi untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Agama.

Fakhrurrozi menyatakan bahwa tujuan utamanya adalah untuk membuat pemetaan kompetensi dari guru-guru kita, yang kemudian akan digunakan sebagai pedoman dalam pembinaan guru dan staf kependidikan madrasah di masa yang akan datang.

Kerjasama antara Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dengan Bank Dunia melalui program Realizing Education’s Promise-Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) bertujuan untuk mengembangkan sistem ini.

BACA JUGA: Selama Pilkada 2024, KSN Peringatkan ASN Tidak Terlibat Politik Praktis

Ketua Unit Manajemen Proyek REP-MEQR, Arif Rahman, menyatakan bahwa program kerjasama tersebut telah memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi madrasah, termasuk bagi guru, staf kependidikan, siswa, fasilitas, dan bidang lainnya.

“Kita akan tetap konsen untuk terus melakukan pelatihan peningkatan SDM di madrasah. Dengan begitu, maka perluasan peningkatan SDM guru dan tenaga kependidikan bisa tercapai,” tegas Fakhrurrozi.

 

 

(Vini/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Gala Bunga Matahari
Lirik Gala Bunga Matahari - Sal Priadi, Lagunya Bikin Mellow!
Fasilitas Hakim Pengadilan Tinggi
Komisi III DPR RI Kritik Fasilitas Hakim Pengadilan Tinggi Makasar yang Tidak Layak
Kebun Teh Tambi Wonosobo
Cicipi Lezatnya 5 Kuliner Dekat Kebun Teh Wonosobo Ini
Parkir Gelaran AAF
Dishub Kota Bandung Minta Warga Parkir Ditempat yang Sudah Disediakan saat Gelaran AAF
Jaws (1975)
Sinopsis Film Jaws (1975), Teror Hiu Putih yang Mencekam!
Berita Lainnya

1

Tyronne del Pino, Pemain Asing Persib Yang Terbuang Kini Mulai Dilirik Bojan Hodak

2

Penuh Drama, Jeman Vs Denmark Berakhir 2-0 di Euro 2024

3

Segini Anggaran Belanja Persib Bandung Jelang Liga 1 2024/2025

4

Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Singkirkan Italia 2-0

5

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF
Headline
FP1 MotoGP Jerman Bagnaia
Bagnaia Finish di Posisi 9 FP1 MotoGP Jerman 2024
Gempa Guncang Tanimbar gempa bumi aceh
Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami
UU KIA kementrian PPPA
Jokowi Sahkan UU KIA, Kementrian PPPA Buat Turunannya
Cawagub Sumatera Utara
PKB Usung Nagita Slavina Jadi Pasangan Bobby Nasution di Pilkada Sumut