Upaya Evakuasi Banjir Bandang di Kabupaten Demak Terhambat Arus Deras

Banjir Bandang Kabupaten Demak
Petugas BPBD eDmak saat operasi menyelamatkan korban banjir akibat sepuluh tanggul jebol di Demak, Jawa Tengah, Jumat (9/2/2024) (Dok. BNPB)

Bagikan

DEMAK,TM.ID: Banjir yang melanda Kabupaten Demak, Jawa Tengah sejak Senin (5/2/2024) meluas hingga sebabkan tujuh kecamatan terdampak. Hingga Jumat (9/2/2024) upaya evakuasi warga terdampak di Kecamatan Karanganyar terhambat arus deras.

Banjir bandang ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu. Tingginya debit air membuat sepuluh tanggul di wilayah Kabupaten Demak jebol. Akibatnya, air meluber hingga ke jalan dan pemukiman warga di tujuh kecamatan.

Banjir akibat sepuluh tanggul jebol meluas hingga melanda tujuh kecamatan di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, sejak Senin (5/2/2024). BNPB menginformasikan, hingga Jumat (9/2/2024), upaya evakuasi warga terhambat karena arus deras di Kecamatan Karanganyar.

BACA JUGA: BPBD Cimahi Waspada TPS yang Rawan Banjir

“Banjir bandang ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah hulu. Tingginya debit air membuat sepuluh tanggul di wilayah Kabupaten Demak jebol,” kata Kapusdatin BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Jumat (9/2/2024).

Akibatnya, air meluber hingga ke jalan dan permukiman warga di tujuh kecamatan. “Kecamatan Karanganyar menjadi wilayah yang terdampak banjir paling parah,” ujar Abdul.

Tim Gabungan dari BPBD wilayah Jawa Tengah, Basarnas, TNI POLRI, dan relawan mendirikan Pos Pengungsian dan dapur umum. Tersebar di beberapa wilayah kecamatan.

“Mengingat kondisi cuaca, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga untuk selalu waspada adanya potensi banjir susulan. Dan selalu mematuhi arahan dari petugas demi keselamatan diri,” katanya.

Air dengan arus deras dan ketinggian air mencapai 2,5 meter menerjang permukiman warga. Staf Pusdalops BPBD Kabupaten Demak Rizka mengonfirmasi hal tersebut.

“Benar, banjir tersebut di Kecamatan Karanganyar. Sampai Jumat (9/2/2024) pagi ini, ketinggian air masih bertahan dan arus deras,” kata Rizka.

BPBD Kabupaten Demak masih melakukan upaya evakuasi warga Kecamatan Karanganyar. “Beberapa warga masih terjebak di atap rumah,” kata Rizka.

Dia mengatakan, terdapat kendala mengevakuasi korban banjir. “Derasnya arus air hingga mengakibatkan perahu karet terbalik,” kata Rizka.

Enam wilayah lainnya terdampak banjir bandang adalah Kecamatan Karangawen, Kebonagung, Wonosalam, Karangtengah, Gajah, dan Kecamatan Dempet. “Air yang meluber terdapat di Kecamatan Gajah dan Karanganyar,” ucap Rizka.

“Lima kecamatan terdampak lainnya terpantau air sudah surut.” Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Demak per Jumat (9/2/2-24), pukul 11.00 WIB, mencatat 10.285 orang mengungsi akibat banjir.

 

 

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Dan Ashworth Manchester United
Dan Ashworth Ungkap 4 Pemain yang Bakal Dibeli Manchester United
Perceraian Ruben Onsu
Jelang Sidang Perceraian, Ruben Onsu Posting Foto bareng Sarwendah
kematian afif (1)
Ada Kejanggalan dalam Kematian Afif, LBH Padang Laporkan Kapolda Sumbar
Ibunda Muhammad Fardana
Respon Ibunda Muhammad Fardana Tuai Pujian Soal Putus hubungan Anaknya dengan Ayu Ting Ting
hasyim dipecat kpu
Hasyim Dipecat sebagai Ketua KPU, Intermezo pada Kasus 'Wanita Emas'
Berita Lainnya

1

Tyronne del Pino, Pemain Asing Persib Yang Terbuang Kini Mulai Dilirik Bojan Hodak

2

Penuh Drama, Jeman Vs Denmark Berakhir 2-0 di Euro 2024

3

Segini Anggaran Belanja Persib Bandung Jelang Liga 1 2024/2025

4

Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Singkirkan Italia 2-0

5

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF
Headline
Indonesia Peringkat Pertama Buang Makanan
Indonesia Peringkat Pertama Buang Makanan di ASEAN, Kerugian Capai Rp551 Triliun!
Kunci Data PDNS Brain Chiper
Beri Kunci Data PDNS, Brain Chiper Layangkan Catatan Serius untuk Pemerintah
Pusat Berperan Besar Untuk Kemajuan Kota Tidore
Pusat Berperan Besar Untuk Kemajuan Kota Tidore Kepulauan, Samada Solusinya
penipuan lowongan kerja Hacker PDNS Janji Bagikan Kunci
Tepati Janji, Brain Chiper Berikan Kunci Data PDNS Gratis!