BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Humas Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil meraih Gold Winner dalam ajang Media Relations Awards 2024 untuk kategori Press Gathering Terbaik, di tingkat nasional melalui Kantor Hubungan Masyarakat (Humas), Protokoler, dan Promosi.
Penghargaan prestasi yang diperoleh USU ini diselenggaran oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 20 September 2024.
Kepala Humas USU, Amalia Meutia, MPsi, Psikolog, yang menerima langsung penghargaan tersebut, menyampaikan rasa syukur yang mendalam serta ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung keberhasilan ini.
Menurut Amalia, penghargaan ini adalah buah dari kerja sama yang kuat antara Humas USU dan para jurnalis.
“Prestasi ini tidak lepas dari kepercayaan dan komitmen yang terjalin dengan baik. Kami sangat berterima kasih kepada seluruh jurnalis mitra USU yang telah menjadi bagian penting dalam menyampaikan informasi akurat, relevan, dan bermanfaat kepada publik,” ungkap Amalia usai menerima penghargaan, mengutip laman resmi USU, Senin (23/9/2024).
Amalia juga menambahkan, penghargaan ini menjadi motivasi untuk terus memperkuat hubungan media dan berinovasi dalam program-program komunikasi di masa depan.
“Kami berharap kerja sama ini semakin erat, dan bersama-sama kita dapat terus memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa,” ujar dosen Fakultas Psikologi USU tersebut.
Anugerah 78 Tahun SPS
Penghargaan yang diraih USU ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan ulang tahun ke-78 Serikat Perusahaan Pers (SPS). Ketua Umum SPS, Januar P. Ruswita, menyatakan peringatan kali ini sangat spesial karena menjadi puncak dari kompetisi Media Brand Awards, Media Relations Awards, Pemimpin Divisi Komunikasi, Korporasi, serta Institusi Terpopuler.
Selain itu, penghargaan Lontar Awards dan Lestari Awards juga diberikan kepada pemerintah dan pemimpin daerah atas kontribusinya di bidang media dan budaya lokal.
Dalam proses penentuan pemenang, SPS Indonesia melibatkan lima juri yang kompeten di bidangnya. Mereka menyeleksi ratusan entri yang masuk dari berbagai institusi di seluruh Indonesia.
“Rata-rata entri yang masuk sangat berkualitas dan menunjukkan banyak kemajuan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Maria Wongsonegoro, PR Consultant yang menjadi juri kategori Media Relation, Press Conference, dan Press Gathering.
Praktisi Kehumasan, Jojo S. Nugroho, yang juga menjadi juri, menambahkan jumlah entri tahun ini meningkat 50% dan lebih variatif dari tahun sebelumnya.
BACA JUGA: Dedikasi Perjuangan, Universitas Brawijaya Resmikan Museum HAM Munir
Dengan pencapaian Gold Winner ini, USU menunjukkan komitmennya dalam membangun komunikasi yang baik dengan publik melalui media, sekaligus memperkuat posisi sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia.
(Virdiya/Budis)