Site icon Teropong Media

Sinergi BPJS Ketenagakerjaan dengan PT SRC Indonesia Sembilan dan PT Pos Indonesia Regional III Bandung untuk Perluas Perlindungan Sosial Bagi Pekerja UMKM dan Sektor Informal

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID – Dalam upaya memperluas perlindungan sosial bagi pekerja sektor informal dan pelaku UMKM di wilayah Jawa Barat, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat menjalin kerja sama strategis dengan dua perusahaan besar, yakni PT SRC Indonesia Sembilan Regional Bandung dan PT Pos Indonesia Regional III Bandung.

Kolaborasi ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan kepesertaan dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan serta memperluas kanal pembayaran iuran secara inklusif dan mudah diakses masyarakat.
Perlindungan untuk Pekerja Toko SRC.

Pada 20 Mei 2025, BPJS Ketenagakerjaan menggandeng PT SRC Indonesia Sembilan dalam kegiatan sinergi yang fokus pada perlindungan pekerja toko retail SRC yang merupakan bagian dari UMKM binaan.

Acara tersebut dihadiri oleh Ferry Ferdiansyah, Regional Manager Retail Engagement PT SRC Indonesia Sembilan, dan Kunto Wibowo, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Barat, serta jajaran manajemen dari kedua belah pihak.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap pelaku usaha binaan SRC dapat memahami pentingnya jaminan sosial serta menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan demi keberlanjutan usaha dan kesejahteraan mereka.” kata Ferry Ferdiansyah.

Senada, Kunto Wibowo menyampaikan apresiasinya terhadap komitmen PT SRC Indonesia Sembilan. “Ini adalah langkah penting dalam mewujudkan perlindungan menyeluruh bagi para pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional,” ujarnya.

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 1.524 tenaga kerja dari sekitar 300 lebih Toko SRC di wilayah Jawa Barat telah aktif terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.


Baca Juga:

PT Pos Indonesia Siap Jadi Holding Logistik BUMN RI

Perluasan Kanal Pembayaran bersama Pos Indonesia

Dua hari berselang, pada 22 Mei 2025, BPJS Ketenagakerjaan melanjutkan inisiatif strategis dengan menggandeng PT Pos Indonesia Regional III Bandung.

Fokus kolaborasi ini tidak hanya pada edukasi dan peningkatan kepesertaan pekerja sektor informal dan pelanggan layanan pos, tetapi juga pada optimalisasi kanal pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan melalui jaringan Oranger POS dan Pospay Agent.

Hani Sartana, EVP Pos Regional III Bandung, menegaskan komitmen Pos Indonesia dalam mendukung ekosistem perlindungan sosial.

“Kami menyambut baik kolaborasi ini untuk memberikan kemudahan akses layanan, khususnya bagi pelaku UMKM dan sektor informal, melalui kanal pembayaran yang tersebar luas hingga pelosok negeri,” katanya.

“Dengan menjalin kemitraan bersama institusi layanan publik seperti Pos Indonesia, kami dapat menjangkau lebih banyak segmen masyarakat yang belum terlindungi,” ujar Kunto Wibowo menambahkan.

Kolaborasi ini akan difokuskan pada dua aspek utama:

• Peningkatan kepesertaan dan perlindungan bagi pekerja sektor informal dan UMKM, termasuk pelanggan Pos Indonesia.

• Optimalisasi kanal pembayaran BPJS Ketenagakerjaan melalui jaringan Pos Indonesia dan agen Pospay.
Ke depan, sinergi ini akan diperkuat dengan penyediaan materi edukatif, pelatihan teknis bagi agen pos, dan promosi bersama kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif dalam program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Melalui dua kolaborasi ini, BPJS Ketenagakerjaan mempertegas komitmennya dalam membangun kemitraan multipihak untuk mewujudkan ekosistem perlindungan sosial yang inklusif, berkelanjutan, dan menyentuh hingga ke akar sektor informal dan UMKM. Sinergi dengan PT SRC Indonesia Sembilan dan PT Pos Indonesia diharapkan menjadi model kerja sama yang dapat direplikasi di wilayah lain di Indonesia” tutup Kunto.**

Exit mobile version