BANDUNG,TM.ID: Mendapatkan tugas untuk menggunakan Mendeley seringkali terjadi kepada mahasiswa. Namun, apa sebenarnya Mendeley dan bagaimana cara menggunakannya? Mendeley adalah sebuah program komputer yang dikembangkan oleh perusahaan penerbit Elsevier untuk mengelola makalah penelitian dan mencari data penelitian. Dengan hasil terbaik Mendeley akan sangat dipermudah.
Hal ini sering digunakan untuk membuat daftar pustaka dalam karya ilmiah, jurnal, dan skripsi. Mendeley akan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas. Selain prosesnya yang mudah dan menghemat waktu, penggunaan Mendeley juga dapat mencegah plagiarisme.
Berikut cara menggunakan Mendeley:
1. Mengunduh Mendeley Gratis
- Unduh aplikasi Mendeley dari halaman resmi Mendeley di https://www.mendeley.com/download-reference-manager/windows.
- Daftar dengan menggunakan akun email dan lengkapi data diri.
- Setelah selesai, klik ‘Register’.
2. Menghubungkan Mendeley ke Microsoft Word
- Buka aplikasi Mendeley.
- Masuk menggunakan email dan password.
- Setelah masuk, akan muncul jendela Welcome di Mendeley.
- Klik “Install MS Word plug-in” untuk menghubungkan Mendeley dengan MS Word. Pastikan tidak memiliki aplikasi Word terbuka saat melakukan langkah ini. Alternatifnya, akses menu “Tools” pada aplikasi Mendeley, lalu pilih “Install MS Word plug-in”.
- Buka MS Word untuk memeriksa apakah Mendeley sudah terhubung. Dapat melakukannya dengan mengklik tab “References”. Mendeley siap digunakan di MS Word.
BACA JUGA : Pejuang Skripsi Harus Tahu, Ini Cara Menghubungkan Mendeley ke Word
3. Memasukkan Data ke Dalam Tulisan
- Kumpulkan jurnal-jurnal yang ingin digunakan sebagai referensi dalam format PDF.
- Buka aplikasi Mendeley, klik “Create Folder” untuk membuat folder baru.
- Di panel kanan folder, klik kanan dan pilih “Add Files”, lalu pilih PDF sebagai referensi yang telah terkumpul.
- Sinkronkan PDF yang baru dimasukkan agar dapat langsung terhubung dengan MS Word saat mencarinya. Caranya, klik “Sync” di bawah menu.
- Setelah berhasil, periksa kembali informasi referensi seperti detail penulis dan lainnya.
4. Membuat Referensi Internet
- Buka aplikasi Mendeley.
- Klik “File” dan pilih “Add Entry Manual”.
- Masukkan data yang perlu seperti judul, penulis, tahun, tautan situs web, dan lain-lain. Pastikan memilih jenis artikel sebagai “Web Page” sebelum mengisi data.
- Klik “Save” untuk menyimpan referensi yang berasal dari internet.
- Sinkronkan referensi yang telah disimpan dengan MS Word.
- Masukkan sitasi dan daftar pustaka dengan mengklik tab “References”. Gunakan “Insert Citation” untuk memasukkan sitasi, dan “Bibliography” untuk daftar pustaka. Jangan lupa untuk mengganti gaya sitasi dan daftar pustaka sesuai dengan ketentuan penulisan.
5. Cara Membuat Sitasi di Mendeley
- Buka dokumen yang sedang tulis.
- Tempatkan kursor di akhir kalimat yang ingin anda tambahkan sitasi atau kutipan.
- Klik tab “References” dan kemudian klik “Insert Citation”.
- Tuliskan nama penulis atau judul untuk mencari sitasi. Atau setelah mengklik “Insert Citation”, pergi ke Mendeley, pilih jurnal yang ingin perlu, lalu klik “Cite”.
6.Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis di Mendeley
- Buat halaman khusus untuk daftar pustaka.
- Klik “References” dan pilih “Bibliography”.
- Tunggu hingga daftar pustaka muncul.
Hasil terbaik Mendeley adalah langkah cerdas yang akan meningkatkan produktivitas dalam menyelesaikan tugas akademik. Dengan panduan langkah demi langkah di atas, akan menguasai penggunaan Mendeley dalam waktu singkat. Selain itu, akan memastikan bahwa sitasi dan daftar pustaka dalam karya ilmiah memenuhi standar akademik yang ketat.
(Hafidah/Budis)