Mudah! Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs, Yuk Cobain!  

Membuat Daftar Pustaka
(Mommies daily)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Menulis skripsi di Google Docs, tapi bingung membuat daftar pustaka? Tenang saja ada cara membuat folder di Google Docs yang bisa dilakukan secara otomatis.

Daftar pustaka adalah bagian penting dari setiap karya tulis, termasuk skripsi. Ini berisi informasi mengenai referensi  oleh penulis untuk menyusun karyanya. Termasuk folder ini wajib, lho! Tujuannya untuk menghindari plagiarisme.

Struktur direktori juga harus disesuaikan dengan format tertentu. Misalnya, gaya APA atau CMS. Jika Anda mengaturnya dengan aplikasi pengolah kata seperti Google Docs, hal ini dapat secara otomatis. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan identitas lengkap dokumen.

Cara membuat daftar referensi di Google Docs

Membuat Daftar Pustaka
(pexels)
  1. Pertama buka dokumen Google Docs
  2. Tempatkan kursor pada halaman yang akan diselesaikan yang berisi direktori
  3. Klik “Alat” di bilah menu atas
  4. Kemudian pilih opsi ‘Citations’ atau ‘Bibliography’. Langkah ini akan memunculkan kolom khusus di sebelah kanan
  5. Pilih gaya folder yang ingin Anda gunakan. Sejauh ini, Google Docs menyediakan 3 format: APA, MLA dan Chicago
  6. Setelah di tentukan, klik “Tambahkan Sumber Kutipan”. Opsi lanjutan akan muncul di lokasi menu yang sama
  7. Pilih sumber referensi yang Anda gunakan, misalnya artikel
  8. Plus, pilih cara Anda mengaksesnya, apakah itu buku fisik atau dapat di akses secara online
  9. Di bagian bawah, muncul kolom informasi yang perlu Anda isi. Masukkan identitas dokumen, di mulai dengan nama penulis, tahun terbit, penerbit, dan sebagainya. Pastikan mengisi data dengan lengkap
  10. Jika sudah, klik “Tambahkan Sumber Kutipan” untuk memasukkan daftar isi.

BACA JUGA : Google Bebersih, Ini 7 Pilihan Email Selain Gmail!

Lebih dari satu referensi

Wajar jika Anda menggunakan lebih dari satu referensi dalam artikel ilmiah Anda. Bahkan ada yang sampai puluhan. Lantas, bagaimana cara membuat folder di Google Docs jika dokumennya banyak?

Nah, Anda tinggal mengulangi langkah-langkah di atas untuk setiap referensi. Jangan lupa juga perhatikan format teks foldernya ya. Anda dapat menyesuaikannya dengan buku teks tesis jika Anda memilikinya.

Membuat folder di Google Docs sepertinya memakan waktu. Namun, ini jauh lebih singkat daripada harus memasukkan setiap direktori secara manual.

 

(Hafidah/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Perayaan Mati Rasa
Iqbal Ramadhan Curhat Sulit Perankan Ian Antono di Perayaan Mati Rasa
doa malam isra miraj
Bacaan Doa Malam Isra Miraj Lengkap dengan Artinya
WhatsApp Image 2025-01-27 at 11.11
Pj Wali Kota Bandung Ajak Generasi Muda Kenali dan Mainkan Gim Lokal
Penembakan WNI di Malaysia
Penembakan WNI di Malaysia, Legislator: Penjelasan APMM Sangat Diragukan!
Penembakan WNI di Selangor
DPR RI Kecam Keras Penembakan WNI oleh Otoritas Maritim Malaysia

1

Kesulitan Akses SATUSEHAT Mobile, Cek Aplikasi Versi Terbaru!

2

Ingat! ASN Minta Pindah Sebelum 10 Tahun Akan Dianggap Mengundurkan Diri

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

P2MI: Penembakan WNI di Malaysia Tindakan Berlebihan
Headline
Barcelona Berhasil Tekuk Valenvia 7-1 di Camp Nou
Telak, Barcelona Berhasil Tekuk Valencia 7-1 di Camp Nou
Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia
Prakiraan Cuaca Sejumlah Kota di Indonesia 27 Januari 2025
Proliga 2025 Pertamina Enduro Sapu Dua Kemenangan
Hasil Proliga 2025: Kandaskan Livin Mandiri, Pertamina Enduro Sapu Dua Kemenangan
AC Milan Tekuk Parma 3-2 di Kandang
AC Milan Tekuk Parma 3-2 di Kandang, Dua Gol Menit Akhir jadi Penentu

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.