Mudah! Cara Membuat Daftar Pustaka di Google Docs, Yuk Cobain!  

Membuat Daftar Pustaka
(Mommies daily)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: Menulis skripsi di Google Docs, tapi bingung membuat daftar pustaka? Tenang saja ada cara membuat folder di Google Docs yang bisa dilakukan secara otomatis.

Daftar pustaka adalah bagian penting dari setiap karya tulis, termasuk skripsi. Ini berisi informasi mengenai referensi  oleh penulis untuk menyusun karyanya. Termasuk folder ini wajib, lho! Tujuannya untuk menghindari plagiarisme.

Struktur direktori juga harus disesuaikan dengan format tertentu. Misalnya, gaya APA atau CMS. Jika Anda mengaturnya dengan aplikasi pengolah kata seperti Google Docs, hal ini dapat secara otomatis. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan identitas lengkap dokumen.

Cara membuat daftar referensi di Google Docs

Membuat Daftar Pustaka
(pexels)
  1. Pertama buka dokumen Google Docs
  2. Tempatkan kursor pada halaman yang akan diselesaikan yang berisi direktori
  3. Klik “Alat” di bilah menu atas
  4. Kemudian pilih opsi ‘Citations’ atau ‘Bibliography’. Langkah ini akan memunculkan kolom khusus di sebelah kanan
  5. Pilih gaya folder yang ingin Anda gunakan. Sejauh ini, Google Docs menyediakan 3 format: APA, MLA dan Chicago
  6. Setelah di tentukan, klik “Tambahkan Sumber Kutipan”. Opsi lanjutan akan muncul di lokasi menu yang sama
  7. Pilih sumber referensi yang Anda gunakan, misalnya artikel
  8. Plus, pilih cara Anda mengaksesnya, apakah itu buku fisik atau dapat di akses secara online
  9. Di bagian bawah, muncul kolom informasi yang perlu Anda isi. Masukkan identitas dokumen, di mulai dengan nama penulis, tahun terbit, penerbit, dan sebagainya. Pastikan mengisi data dengan lengkap
  10. Jika sudah, klik “Tambahkan Sumber Kutipan” untuk memasukkan daftar isi.

BACA JUGA : Google Bebersih, Ini 7 Pilihan Email Selain Gmail!

Lebih dari satu referensi

Wajar jika Anda menggunakan lebih dari satu referensi dalam artikel ilmiah Anda. Bahkan ada yang sampai puluhan. Lantas, bagaimana cara membuat folder di Google Docs jika dokumennya banyak?

Nah, Anda tinggal mengulangi langkah-langkah di atas untuk setiap referensi. Jangan lupa juga perhatikan format teks foldernya ya. Anda dapat menyesuaikannya dengan buku teks tesis jika Anda memilikinya.

Membuat folder di Google Docs sepertinya memakan waktu. Namun, ini jauh lebih singkat daripada harus memasukkan setiap direktori secara manual.

 

(Hafidah/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
#kaburajadulu, #merantauajadulu
Keponakan Prabowo Usulkan #KaburAjaDulu Diganti #MerantauAjaDulu
Rektor ISBI Bandung Retno Dwimarwati
Ini Keputusan ISBI Bandung Terkait Tidak Diizinkannya Teater "Wawancara dengan Mulyono"
Pameran Portofolio UNIBI
Mahasiswa DKV UNIBI Pamerkan Karya Terbaik di Pameran Portofolio "Luminositas"
Ciri-ciri wibu sejati
Bukan Wibu Sejati Kalau Tidak Miliki Ciri-ciri Ini!
Ubi yakon viral
Apa Manfaat Makan Ubi Yakon yang Lagi Viral?
Berita Lainnya

1

Mahasiswa DKV UNIBI Pamerkan Karya Terbaik di Pameran Portofolio "Luminositas"

2

Link Live Streaming AC Milan vs Feyenoord Liga Champions Selain Yalla Shoot

3

BREAKING NEWS! Kecelakaan Beruntun Mini Bus Terjadi di Jalan Terusan Buah Batu Bandung

4

PP Nomor 6 Tahun 2025: Korban PHK Dapat 60 Persen Gaji 6 Bulan

5

THR Pengemudi Ojol, Menaker: Pengusaha Sudah Memahami
Headline
Bayern-Munich-v-Celtic-1038x584
Link Live Streaming Bayern Munchen vs Celtic di Liga Champions Selain Yalla Shoot
hqdefault
Link Live Streaming AC Milan vs Feyenoord Liga Champions Selain Yalla Shoot
Kebijakan ISBI Bandung - Wawancara dengan Mulyono
Kebijakan ISBI Bandung Usai Pelarangan Teater 'Wawancara dengan Mulyono'
kecelakaan buah batu
BREAKING NEWS! Kecelakaan Beruntun Mini Bus Terjadi di Jalan Terusan Buah Batu Bandung

Dapatkan fitur lebih lengkap di aplikasi Teropong Media.