BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Ciwidey dikenal dengan tempat wisata dan keindahan alamnya yang asri, kondisi ini dimanfaatkan para warga lokal untuk membuka usaha UMKM.
Seperti kak Tria Irania hanum berawal dari kesukaannya terhadap kopi munculah ide untuk membuka cafe dan kedai bersama kakaknya. Usaha UMKM baru ini di mulai pada bulan Maret 2025 dan dirancang dengan teman yang lebih maju serta tempatnya yang lebih proper untuk menarik minat pelanggan.
Sebagai pelaku usaha UMKM baru banyak kendala yang dialami apalagi untuk menarik minat calon pelanggan untuk datang. Oleh karena itu beliau menyediakan tempat karoke dengan layar yang besar sebagi ciri khas agar mudah di ingat pelanggan.
Baca Juga:
Universitas INABA Sambut Meriah Roadshow Suar Mahasiswa Awards 2025
Cara ini cukup efektif, karena dengan budget yang tidak terlalu besar para pelanggan sudah bisa nongkrong
sambil bernyanyi karoke. Tidak hanya itu, hampir setiap hari cafe dan kedai ini menyediakan promo diskon untuk makan dan minum yang memungkinkan membuat pelangan semakin tertarik dan penasaran untuk datang.
Dengan adanya kemajuan teknologi di manfaatkan untuk mempromosikan tempat usaha UMKM yang beliau sedang rintis, tidak hanya itu beliau juga menggunakan metode mulut ke mulut di mulai dari orang orang terdekatnya.
Harga makanan dan minuman pun cukup terjangkau karna target utama dalam usaha UMKM ini pelajar dan para wisata dari luar kota. Upaya promosi yang di lakukan pun sudah membuahkan hasil walaupun hasilnya belum signifikan tetapi pelangan baru dan yang sudah lama terus berdatangan.
Ide-ide kreatif akan selalu di usung dalam upaya pengembangan usaha UMKM ini, Jatuh bangun dalam membangun usaha ini pasti ada. Beliau selalu menjadikan pelajaran atas semua kegagalan yang pernah terjadi dijadikan motivasi agar usahanya bisa terus maju dan dapat bersaing dengan pelaku usaha UMKM lainnya.
Pesan kak tria untuk para pelaku usaha UMKM “Manfaatkan media sosial dengan baik jadikan jembatan untuk mempromosikan usaha UMKM, anda libatkan ajak generasi muda dalam mengembangkan usaha agar lebih maju”.
Penulis:
Universitas Indonesia Membangun (INABA)
Khoirunnisa isnani falah
Mentary Atqia Mawarni
Wangga saputra