BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Mobil city car Suzuki Karimun kotak tipe SL 410R, salah satu kendaraan yang bisa disulap menjadi kendaraan berkemah atau camper van.
Meski bentuknya tergolong kecil dan ringkas, dengan gaya konsep camper van hanya perlu merubah beberapa bagian saja, tanpa merombak total.
Karimun SL 410 R bergaya Camper Van Mini
Seperti Karimun SL 410 R yang berpenampilan camper van mini dari Instagram @karimoonriver, untuk mengejar tampilan outdoor menambah aksesoris roof box berwarna abu serta tambahan spion belakang.
BACA JUGA: Meski Sempat Digoreng, Suzuki Mulai Gerak Cepat Kirim Jimny 5 Pintu
Sentuhan pada bagian bodi menambahkan striping memanjang, dari fender belakang sampai ke fender depan ala Original Equipment Manufacturer (OEM) dengan aksara Jepang, yang berkombinasi dengan cat body berwarna silver yang mendominasi.
Untuk pemanis lainnya, di bagian velg mobil ini dipasangkan velg doff dan chrome. Velg aslinya hanya menggunakan velg kaleng biasa.
Sejarah dan Spesifikasi
Suzuki Karimun generasi pertama, atau akrab dengan nama Karimun Kotak, pertama kali diperkenalkan di Indonesia sekitar bulan Agustus atau September tahun 1998. Mobil ini awalnya diimpor utuh atau CBU (Completely Built up) dari Jepang. Kemudian, setahun kemudian, tepatnya pada bulan September 1999, versi CKD atau Completely Knocked Down hasil rakitan pabrik di Tambun, Bekasi, Jawa Barat mulai dipasarkan di Indonesia.
Nama “Karimun” diambil dari Karimun Agung (Karimun Besar), sebuah gugusan pulau di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Secara alternatif, Suzuki Indonesia juga mengklaim bahwa nama “Karimun” berasal dari “carry to the moon”, yang secara harfiah berarti membawa sampai ke bulan. Di pasar internasional seperti Jepang dan Eropa, mobil ini dikenal dengan nama Suzuki Wagon R.
Sebutan “Karimun Kotak” untuk generasi pertama Suzuki Karimun tidak lepas dari bentuknya yang khas, menyerupai kotak sabun. Meskipun Suzuki hanya menamainya sebagai Suzuki Karimun saat peluncurannya, sebutan “kotak” tersebut kemudian melekat kuat di masyarakat. Pada akhir tahun 90-an, hampir semua pabrikan mobil di Indonesia sudah beralih ke desain yang lebih bulat, membuat Karimun Kotak menonjol dengan keunikannya.
Penjualan Suzuki Karimun Kotak sangat sukses pada masanya, terutama karena tidak ada mobil sekelas Karimun yang memiliki dimensi kompak namun menawarkan kabin yang luas serta konsumsi bahan bakar yang irit. Hal ini membuatnya sangat diminati oleh masyarakat Indonesia pada era itu.
Suzuki Karimun Kotak tidak hanya dikenal dengan desainnya yang unik, tetapi juga dengan spesifikasi teknisnya yang sesuai dengan kebutuhan pengguna di Indonesia.
Dimensi dan Kapasitas
- Panjang: 3.410 mm
- Lebar: 1.575 mm
- Tinggi: 1.705 mm
- Jarak Sumbu Roda: 2.360 mm
- Jumlah Tempat Duduk: 5 orang
- Radius Putar Minimum: 4,8 meter
- Kapasitas Tangki: 42 liter
- Berat Kosong: 865 kg
- Berat Kotor: 1325 kg
(Saepul/Budis)