BANDUNG,TM.ID: TikTok merupakan platform video pendek terkemuka, baru-baru ini merilis kampanye terbaru mereka dengan tagar #SalingJaga. Kampanye ini bertujuan melindungi integritas pemilihan umum (Pemilu) dan melawan misinformasi.
Dalam webinar “Diskusi #SalingJaga Mental, Siap Hadapi Derasnya Aliran Informasi Jelang Tahun 2024 bersama TikTok,” platform ini meluncurkan video panduan untuk mengedukasi pengguna dan masyarakat umum mengenai bahaya misinformasi di dunia digital.
Menghadapi Tantangan Arus Informasi
Menurut Faris Mufid, Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia, arus informasi yang melimpah setiap hari sering membuat warganet kewalahan. Terutama dalam mengonfirmasi kredibilitas informasi di platform digital dan media sosial. TikTok merasa perlu membantu masyarakat bersiap menghadapi Pemilu dan memahami cara melawan misinformasi di ranah digital.
“Keamanan digital merupakan tanggung jawab semua pihak dan bersama, kita bisa #SalingJaga agar terhindar dari konten-konten negatif dan informasi yang keliru,” tambah Faris.
BACA JUGA: Penghasilan TikTok Capai Rp155 Triliun dari Pembelian Koin
Edukasi Kreatif
TikTok bekerja sama dengan tokoh publik dan kreator dari berbagai latar belakang profesi dan generasi. Angga Yunanda, Merry Riana, Sania Leonardo, dan Dims The Meat Guy turut ambil bagian dalam kampanye ini. Keempatnya memberikan edukasi kreatif mengenai cara pengguna dapat saling menjaga di platform digital. Mereka berbagi serangkaian tips melawan misinformasi.
Video kampanye juga bertujuan untuk mengingatkan komunitas dan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menciptakan, mengonsumsi, dan membagikan konten di platform digital dan media sosial. Melalui format video singkat yang kreatif dan menghibur, TikTok berharap pesan ini dapat tersampaikan dengan lebih mudah dan tersebar ke lebih banyak orang.
Pengguna Memegang Kendali
Sebagai platform unik, TikTok menekankan bahwa pengguna memiliki kendali atas pengalaman mereka di platform ini, termasuk konten yang mereka konsumsi. Sistem rekomendasi di laman For You (FYP) mempertimbangkan preferensi pengguna, interaksi, dan informasi dalam video.
Pengguna dapat menggunakan fitur keamanan untuk mengelola konten di FYP mereka, seperti ‘Tidak Tertarik’, ‘Kata Kunci’, melaporkan konten, hingga menyegarkan laman FYP.
(Kaje/Usk)