Jelang Nataru, Mentan Jamin Keamanan 12 Komoditi Pangan

Tahun politik akan mempengaruhi harga komoditi yang terjadi sekarang. (Foto- Web)

Bagikan

MAKASSAR,TM.id : Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 12 komoditi pangan dijamin aman. Hal tersebut dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Senin (19/12/2022).

“Komoditi kita, terutama 12 pangan itu sangat aman, katakanlah sampai Desember. Untuk Natal dan tahun baru masih bisa berjalan aman,” ujarnya.

Tercatat, 12 komoditas pangan yang dimaksud untuk menjadi atensi pemerintah masing-masing beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi atau kerbau, daging ayam, telur ayam, kedelai, gula pasir, dan minyak goreng.

Syahrul menjelaskan menjadi tugas utama Kementerian Pertanian menjamin ketersediaan sejumlah bahan pokok bagi masyarakat agar terpenuhi. Selain itu, Presiden Joko Widodo meminta semua menteri terkait menyiapkan stok pangan bagi masyarakat.

“Tentu, tugas Kementan menjaga ketersediaan. Presiden juga minta semua menteri, semua pihak pertanian dan yang terkait untuk mempersiapkan ketersediaan pangan kita di Natal dan tahun baru,” papar mantan Gubernur Sulsel dua periode ini.

Saat di tanyakan apakah sudah ada langkah-langkah antisipasi bagi upaya spekulan memainkan harga jelang Natal dan tahun baru, kata dia, sudah disiapkan termasuk melibatkan aparat penegak hukum.

“Langkah-langkah itu sudah diambil oleh berbagai pihak terutama menteri yang berkaitan dengan perdagangan dan menteri lain terkait soal pangan. Saya kira, kita telah bekerja sama dengan semua pihak terkait untuk itu,” kata mantan Bupati Gowa dua periode itu seusai nonton bareng final Piala Dunia 2022 di salah satu warkop di Makassar.

Hal senada disampaikan Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Makassar, Lutfie Natsir, bahwa ketersediaan stok pangan dalam perayaan Natal dan Tahun Baru aman dan lancar. Pihaknya tentu berfokus pada pengawasan lalu lintas distribusi hewan dan tumbuhan.

Pihaknya juga telah menggelar apel siaga Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Makassar sebagai langkah antisipasi pengawasan hewan ternak dan tumbuhan termasuk menjaga komoditas pangan yang akan dikonsumsi masyarakat layak dan aman bagi kesehatan.

Dari pantauan, harga sejumlah bahan pokok mulai merangkak naik menjelang perayaan Natal di pasar tradisional Makassar. Harga cabai besar eceran Rp15 ribu dan cabai kecil Rp35 ribu. Setiap kilo naik Rp10 ribu. Begitu pula harga tomat semula Rp12 ribu naik menjadi 15 ribuan per kilogram. Bawang putih dari Rp35 ribu naik menjadi Rp45 ribu.

“Ada beberapa bahan konsumsi naik, seperti tomat, cabai, bawang merah dan beberapa lainnya. Harganya naik rata-rata sampai Rp10 ribuan per kilogram,” tutur Darwis pedagang di pasar tradisional Pa’baeng-baeng, Makassar.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
TPA
Mengintip 4 TPA Terbesar di Dunia, Solusi atau Masalah Baru?
Belanda vs Austria EURO 2024
Belanda Vs Austria Grup D EURO 2024, Ronald Koeman Akui Kekuatan Das Team
Lafaz doa menghilangkan jerawat
Lafaz dan Arti Doa Menghilangkan Jerawat
kita ke sana
Lirik Lagu KITA KE SANA - Hindia
Kurap di kaki
Jenis, Gejala dan Faktor Penyebab Kurap di Kaki
Berita Lainnya

1

Kalahkan Italia 1-0 Spanyol Lolos Babak Knockout Euro 2024

2

Travis Scott Ditangkap Lantaran Mabuk Berat dan Masuk Tanpa Izin

3

Resesi Seks China Makin Parah, Pemuda Rela Bayar AI Demi Dapat Pasangan

4

Fakta Baru Kematian Scott Weiland Diungkap Mantan Istri, Bukan Overdosis!

5

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Bromo
Headline
Tamayo Perry Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas
Tamayo Perry, Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas Diserang Hiu di Hawaii
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota bandung
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota Bandung Jadi Tersangka Korupsi Dana Bos Rp664 Juta
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate, Tolak Pemberlakuan Tarif Murah
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024 Imbas Cristiano Ronaldo Diserbu Fans Cilik