Gapoktan Garut Selatan Kelola Tiga Lumbung Padi

Foto - Web -

Bagikan

GARUT, TM.ID : Gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kabupaten Garut, Jawa Barat siap mengelola tiga lumbung padi, yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat.

Dibangunnya lumbung pangan tersebut untuk menjaga ketersediaan pangan masyarakat di wilayah selatan Garut.

“Pemerintah Kabupaten Garut meresmikan lumbung pangan rakyat yang ada di tiga desa, tiga gapoktan, tiga kecamatan, ini adalah untuk memperkuat ketahanan pangan di lingkungan masing-masing,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Kamis (29/12/2022).

Ia menuturkan tiga gapoktan itu yakni Gapoktan Mulyatani Desa Karangsari, Kecamatan Pakenjeng, Gapoktan Lio Waluya Desa Pamalayan, Kecamatan Cikelet, dan Gapoktan Samudera Desa Sirnajaya, Kecamatan Bungbulang yang menyiapkan kebutuhan pangan masyarakat bagi lingkungan sekitarnya.

Tiga tempat itu, kata dia, sudah disiapkan mesin penggiling padi dengan kapasitas 1,5 ton per jam, sehingga petani tidak perlu lagi ke tempat lain karena memiliki penggilingan padi sendiri.

“Termasuk RMU (rice milling unit)nya, tidak perlu lagi kemana-mana untuk penggilingan padi, mantap 1,5 ton per jam,” kata Bupati.

Ia mengapresiasi adanya program lumbung pangan yang dekat dengan masyarakat di wilayah selatan, sehingga memberikan jaminan ketersediaan kebutuhan beras di daerah itu.

Program itu, kata dia, akan menjadi percontohan untuk daerah lain di Kabupaten Garut yang dananya akan disiapkan dari APBD Pemkab Garut.

“Jadi ini kan gapoktan ada di desa, ada RMUnya atau mesin penggiling padi, dan kita bisa menjadikan ini sebagai percontohan di Kabupaten Garut, ini dari dana alokasi khusus dan dana APBD, jadi kita memenuhi kebutuhan pangan sendirilah di Kabupaten Garut,” kata Rudy.

BACA JUGA: Sepanjang 2022, Operasi Pasar Beras Bulog Capai 1,2 Juta Ton

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Garut, Haeruman mengatakan, kegiatan lumbung pangan masyarakat ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 dengan besaran dana kurang lebih Rp1 miliar untuk pembangunan fisik, peralatan mesin, hingga bantuan gabah sebanyak 13 ton.

Lumbung pangan itu, kata dia, merupakan wujud nyata kesungguhan pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten yang berkomitmen untuk menjaga stabilitas ketersediaan pangan, cadangan pangan, dan aksesibilitas masyarakat terhadap pangan.

“Kita semua mengetahui bahwa penduduk semakin hari terus berkembang, sementara luas lahan tidak pernah bertambah, jadi alangkah baiknya pemerintah, baik pusat, provinsi, maupun kabupaten, sudah selayaknya ini meningkatkan terkait dengan ketahanan pangan,” kata Haeruman.

Ia memprediksi harga pangan akan terus melonjak yang dapat berakibat terjadinya inflasi, kekurangan, dan krisis pangan, untuk itu lumbung pangan diharapkan dapat menjaga stok pangan, dan menjadi bagian penting.

Lumbung pangan masyarakat itu, kata dia, dapat terus tumbuh dan berkembang, sehingga peran dan fungsinya dapat dirasakan oleh masyarakat, serta mampu menjaga ketersediaan pangan, menjaga kecukupan pangan, harga yang terjangkau, dan mampu menambah penghasilan petani.

“Mampu mencegah inflasi dan mudah-mudahan peran dan fungsi lumbung pangan ini dapat bermanfaat secara berkelanjutan,” katanya.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Nobody 2
Keren, Timo Tjahjanto Debut Jadi Sutradara Film 'Nobody 2'
VOLKSWAGEN CHATGPT (1) (1)
Mobil Volkswagen Adopsi Kecerdasan ChatGPT, Manfaat Bagi Pengemudi
Julian Assange Pengungkap Kejahatan Perang Irak, B-Cover
Julian Assange Pengungkap Kejahatan Perang Irak, Bebas dari Penjara Inggris
Link streaming selain yalla shoot
Jangan Yalla Shoot, Ini Link Streaming Belanda Vs Australia Group D Euro 2024
JAM HONDA PCX 160 (2)
Setting Jam Honda PCX 160 Cara Simpel, Waktu Tetap Akurat
Berita Lainnya

1

Kalahkan Italia 1-0 Spanyol Lolos Babak Knockout Euro 2024

2

Travis Scott Ditangkap Lantaran Mabuk Berat dan Masuk Tanpa Izin

3

Resesi Seks China Makin Parah, Pemuda Rela Bayar AI Demi Dapat Pasangan

4

Fakta Baru Kematian Scott Weiland Diungkap Mantan Istri, Bukan Overdosis!

5

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Hutan di Gunung Bromo
Headline
Tamayo Perry Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas
Tamayo Perry, Aktor Pirates Of The Caribbean Tewas Diserang Hiu di Hawaii
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota bandung
Kepala Sekolah SMAN 10 Kota Bandung Jadi Tersangka Korupsi Dana Bos Rp664 Juta
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate
Ribuan Ojol Geruduk Gedung Sate, Tolak Pemberlakuan Tarif Murah
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024
UEFA Perketat Keamanan Euro 2024 Imbas Cristiano Ronaldo Diserbu Fans Cilik