Site icon Teropong Media

Coldplay Hitung Emisi Karbon yang Dibuat Konsernya, Bukan Band Biasa!

Coldplay Hitung Emisi Karbon yang Dibuat Konsernya, Bukan Band Biasa!

Coldplay Hitung Emisi Karbon yang Dibuat Konsernya, Bukan Band Biasa! (Instagram @coldplay)

JAKARTA,TM.ID: Band Coldplay merupakan salah satu band musik dunia yang getol mengkampanyekan aksi untuk menanggulangi perubahan iklim, termasuk mengurangi emisi karbon.

Band asal Inggris ini bahkan mengkampanyekan aksi ramah lingkungan pada konsernya di Jakarta yang baru berlangsung Rabu (15/11/2023) kemarin.

“Saat kami pertama kali mengumumkan Tur Music Of The Spheres, kami berharap dapat menjadikannya semaksimal mungkin bermanfaat bagi lingkungan dan mengurangi emisi karbon langsung kami dari produksi pertunjukan, pengangkutan, perjalanan band dan kru sebesar 50%,” tulis pernyataan resmi Coldplay dikutip dari situs resminya, Kamis (16/11).

Coldplay pun rutin membagikan perkembangan emisi karbon yang dihasilkan dari konsernya melalui situs resminya tersebut. Data emisi dari 12 bulan pertama tur kini telah dikumpulkan, dinilai dan divalidasi secara independen oleh Prof. John E. Fernandez dari Universitas.

BACA JUGA: Target Keuntungan dari Konser Coldplay Jakarta Bikin Melongo

Berdasarkan perbandingan pertunjukan demi pertunjukan, Tur Music Of The Spheres sejauh ini menghasilkan emisi CO2e 47% lebih sedikit dibandingkan tur stadion Coldplay yang diselenggarakan terakhir kalinya pada 2016-

“Ini adalah awal yang baik dan sesuatu yang patut dibanggakan oleh kru kami yang luar biasa namun jelas masih ada ruang untuk perbaikan,” tulis pernyataan tersebut.

Cara Coldplay Mengurangi Emisi Karbon

1. Setelah memasuki tahun kedua tur, Coldplay mulai menjalankan seluruh pertunjukan dari sistem baterai listrik baik untuk audio, lampu, dan lainnya. Hal itu memungkinkan mereka menggunakan 100% energi terbarukan seefisien mungkin.

2. Coldplay telah menggunakan kendaraan listrik dan bahan bakar alternatif sebisa mungkin, serta mengurangi penggunaan sampah dan plastik seminimal mungkin.

Band yang digawangi Chris Martin itu juga mengajak penonton untuk berpatisipasi mengurangi emisi karbon. Adapun yang bisa dilakukan penonton adalah:

Tak hanya itu, Coldplay juga mendukung misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan plastik di Sungai Cisadane, Jakarta. Hal itu diungkap unggahan akun twitter @TheOceanCleanup Kamis (16/11).

Band tersebut menyisihkan sebagian keuntungan konsernya untuk The Ocean Cleanup dan ClientEarth (tim pengacara yang membela lingkungan).

 

(Usamah)

Exit mobile version