Berbagai Lembaga Masyarakat Sulsel Berkoalisi Awasi Pemilu 2024

Foto - Web -

Bagikan

SULSEL,TM.id :  Jauh-jauh hari sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) serentak digelar tahun 2024 mendatang, masyarakat melalui berbagai komunitasnya mulai bergerak untuk menjadi bagian dari pesta demokrasi tersebut.

Pemilu 2024 akan digelar secara bersamaan dari Pemilihan Calon Presiden, Gubernur, Bupati/Wali Kota, serta Calon Anggota Legislatif dari level pusat sampai daerah.

Sejumlah lembaga yang tergabung dalam Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) Sulawesi Selatan membuka posko aduan pelanggaran dalam mengawal proses tahapan Pemilu 2024.

Posko tersebut dibentuk untuk menerima aduan bagi mereka yang mengalami intimidasi, korban ataupun saksi, atau memiliki data-data terkait atas praktek kecurangan dalam proses verifikasi peserta Pemilu.

“Kami telah membentuk tim advokasi hukum dan membuka posko pengaduan pelanggaran Pemilu untuk memberikan perlindungan hukum,” kata perwakilan koalisi OMS Muhammad Haedir, melansir Antara, Jumat (16/12/2022).

Muhammad Haedir yang juga Direktur LBH Makassar ini menyatakan, baik yang berada di jajaran KPU maupun Bawaslu Se-Sulsel untuk segera mengadukan kejadian tersebut di Posko yang telah didirikan dalam hal mengawal proses Pemilu.

“Kami bentuk Posko ini untuk kemudian memberikan perlindungan hukum oleh Tmtim advokat yang telah kami bentuk. Identitas pengadu tentu akan sangat kami rahasikan dan diberikan perlindungan hukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” katanya menegaskan.

Perwakilan Koalisi OMS lainnya, Syamsang Syamsir menambahkan, beberapa kasus dugaan pelanggaran saat ini mulai mengemuka tentunya menjadi perhatian publik untuk disikapi bersama.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh penyelenggara KPU dan Bawaslu se-Sulsel yang menjadi korban dari intervensi dan intimidasi untuk segara menyatukan sikap melawan dan bergabung dengan koalisi.

Adanya kegaduhan saat proses rekapitulasi hasil verifikasi faktual Partai Politik non Parlemen, ungkap dia, berkaitan dugaan manipulasi data yang meloloskan sejumlah Parpol dengan status Memenuhi Syarat (MS) tentu menjadi perhatian bersama untuk diungkap kebenarannya.

Tercatat 25 lembaga tergabung dalam Koalisi OMS di antara FIK Ornop Sulsel, YPMP Sulsel, Lembaga Riset dan Penguatan Kapasitas Masyarakat (LRPKM) Sulsel, Yayasan Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) Sulawesi, Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Sulsel, Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI) Makassar, Lembaga Bantuan Hukum (LBH Makassar), Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi, Solidaritas Perempuan (SP) Angin Mammiri Sulsel dan lembaga lainnya.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan 17 Partai Politik termasuk Parpol non Parlemen sebagai peserta Pemilu 2024 setelah proses tahapan rekapitulasi hasil verifikasi faktual mulai tingkat kabupaten kota hingga provinsi di semua wilayah di Indonesia.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Timnas Indonesia U19, Semifinal Piala AFF U19 2024
Persiapan Timnas Indonesia U19 Menuju Semifinal Piala AFF U19 2024
Arena berkuda
Ingin Berkuda? Ini 5 Arena Berkuda di Jabodetabek
Resep buah Gandaria
Segarnya, Mengolah Buah Gandaria Dengan 3 Resep Ini
Kepala Rahwana
Makna 10 Perwujudan Kepala Rahwana
Kampung Batik Jogja
Asyiknya, Mengenal Batik di 4 Wisata Kampung Batik Jogja!
Berita Lainnya

1

Buah Batu Corps Dukung Kang Arfi Rafnialdi Maju Pilwalkot Bandung 2024

2

PT. Tekindo Energi dan PT. GMG, Distribusikan Bantuan untuk Korban Banjir Halteng

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Viral Mobil Menag Yaqut Terabas Jalur Busway, Kemenag: Nggak Tiap Hari Kan

5

Kukuhkan Pengurus PPM Kota Bandung 2023-2028, Robby Gumelar: Bersatu untuk Bangun Bandung Lebih Baik
Headline
Persib Bandung
Persis Solo Taklukkan Persib Bandung, Lolos Semifinal Piala Presiden 2024
Diskar PB Kota Bandung Catat 163 Kasus Kebakaran
Diskar PB Kota Bandung Catat 163 Kasus Kebakaran
Bill Crook Mantan Bassis Spiritbox Meninggal Dunia
Bill Crook Mantan Bassis Spiritbox Meninggal Dunia
Golden Visa Shin Tae-yong
Presiden Jokowi Berikan Golden Visa untuk Shin Tae-yong