Amerika Selatan Sodorkan Warisan Pele-Maradona untuk Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030

Bagikan

TEROPONG MEDIA – Bos organisasi sepak bola Amerika Selatan, Alejandro Dominguez, Meminta FIFA menghargai warisan Pele dan Diego Maradona dengan menetapkan kawasannya sebagai penyelenggara Piala Dunia 2030 mendatang.

AFP memberitakan, persaingan yang semakin untuk memutuskan siapa tuan rumah pada final di tahun 2024. Dominguez mengatakan bahwa fokus FIFA pada “uang” harus dikurangi.

Uruguay yang mengawali penyelenggaraan final Piala Dunia dengan 13 tim pada 1930, telah bergabung dengan Argentina, Cile, dan Paraguay untuk bersama-sama mengajukan tawaran sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030 dengan peserta 48 tim.

Saingan utama mereka adalah tawaran bersama dari Spanyol, Portugal dan Ukraina, yang mendapat dukungan badan sepak bola Eropa UEFA.

Bahkan, laporan mengatakan Arab Saudi juga berencana meluncurkan tawaran bersama Mesir dan Yunani.

Ditanya pada sebuah acara untuk menghormati Pele yang tengah sakit apakah mantan bintang Brazil atau warisan mendiang legenda Argentina Maradona mampu membantu mempengaruhi keputusan tersebut, Dominguez mengatakan FIFA harus memilih antara sepak bola dan uang.

“Pertanyaannya adalah untuk FIFA – apa yang mereka rencanakan dengan sejarah yang telah dibuat oleh Pele dan kemudian Maradona?” kata bos CONMEBOL, konfederasi Amerika Selatan itu.

“Ini harus benar-benar kembali ke akarnya karena sepak bola bukan hanya tentang uang. Ini bukan tentang kompetisi siapa yang mengeluarkan uang paling banyak untuk Piala Dunia,” kata Dominguez, melansir Antara.

“Ini juga harus tentang mengenali siapa yang memungkinkan menggelar pesta ini,” katanya, mengacu pada Pele dan Maradona, serta Uruguay sebagai tuan rumah Piala Dunia pertama.

CONMEBOL juga, kata dia, mengusulkan agar Brazil mengganti kostum tim nasional untuk menghormati Pele yang dirawat di rumah sakit bulan ini setelah dia berjuang melawan kanker.

Logo di jersey Brazil memiliki lima bintang di bagian atas sebagai penanda setiap kemenangan negara tersebut di pentas Piala Dunia dan Pele berada di tim pemenang sebanyak tiga kali.

Dominguez mengatakan proposal tersebut adalah agar Brazil “mengubah tiga bintang mereka menjadi tiga hati, sebagai penghormatan kepada sang legenda.”

 

(Agung)

 

 

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Ketika orang meninggal
6 Jenis Bunga Lambang Kematian di Berbagai Negara
Desa Wisata Cemaga Tengah
Bangga, Desa Wisata Cemaga Tengah Kepri Lolos 50 Besar ADWI!
Auto Liker TikTok
Auto Liker TikTok, Jurus Tingkatkan Jumlah Likes Gratis
bp tapera
Gaji ASN dan Swasta Dipotong 3% untuk BP Tapera, Apa Manfaatnya?
Rembug Bedas, program prioritas bupati bandung
Bupati Bandung Paparkan 13 Program Prioritas, di Antaranya BPJS Kesehatan
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Berapa Bayaran Avenged Sevenfold Sekali Manggung?

3

Tagar All Eyes on Rafah Trending, Ini Penyebabnya!

4

bank bjb Umumkan Pemenang bjbpreneur 2024 dalam Momen HUT 63

5

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!
Headline
nembak SIM (1)
Bakal Tak Ada Celah Nembak SIM Lagi, Ini Strategi dari Polisi
SIM C1
Polri Resmi Terbitkan SIM C1 untuk Pengendara Motor 250-500cc
Tolak RUU Penyiaran
Ratusan Jurnalis Bandung Demo di DPRD Jabar, Tolak RUU Penyiaran
UKT PTN 2024
Kenaikan UKT Dibatalkan! PTN Harus Kembalikan Kelebihan Pembayaran