Agar TV LED Awet dan Tahan Lama Ikuti Cara Berikut Ini!

tv led awet
(Unsplash / Thibault Penin)

Bagikan

BANDUNG,TM.ID: TV LED telah menjadi perangkat elektronik yang umumnya dipakai banyak orang. Meskipun telah menjadi jenis TV paling populer saat ini, ada desas-desus yang menyebutkan bahwa TV LED tidak seawet model TV lawas seperti CRT atau plasma. Meski demikian, tidak ada yang mutlak dalam dunia elektronik karena risiko kerusakan tetap ada.

Artikel ini akan membahas cara-cara agar tv LED awet dan terhindar dari risiko kerusakan. Sehingga kamu dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

1. Hindari Menggabungkan Steker TV

Pertama-tama agar TV LED awet, hindari menggabungkan steker TV dengan perangkat elektronik lain seperti kulkas, AC, setrika, atau oven listrik. Masing-masing perangkat tersebut memiliki mekanisme kelistrikan yang berbeda, dan lonjakan listrik yang tinggi dapat merusak televisi.

Pastikan televisi kamu memiliki soket listrik sendiri dan tidak tergabung dengan soket perangkat lain yang dapat menyebabkan lonjakan listrik yang merugikan.

2. Gunakan Stabilizer Berkualitas

Penggunaan stabilizer berkualitas dapat membantu mengatasi tegangan listrik yang tidak stabil. Pilih stabilizer dengan daya yang sesuai dengan perangkat elektronik yang kamu miliki. Pastikan stabilizer tersebut memiliki kemampuan yang memadai untuk melindungi TV LED dari lonjakan atau penurunan tegangan yang merugikan.

3. Matikan Saat Tidur Malam

Berbeda dengan TV CRT generasi lawas yang dapat dinyalakan terus menerus, TV LED memiliki komponen-komponen di dalamnya dengan masa pakai tertentu. Meskipun LED memiliki usia maksimal sekitar 40 ribu jam, penggunaan yang berlebihan dapat memperpendek masa pakai komponen tersebut.

Gunakan TV secara teratur namun matikan saat tidak kamu gunakan, terutama saat tidur malam. Hal ini membantu menjaga agar TV LED awet.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Smartphone Menjadi Remote TV, Ikuti Langkah Ini

4. Hindari Mencabut Steker TV saat Digunakan

TV LED lengkap dengan sistem operasi seperti Android, Tizen, webOS, atau Smart Hub. Sebagai smart TV, proses booting memerlukan waktu beberapa detik.

Mencabut steker TV LED langsung saat digunakan dapat menyebabkan eror pada sistem operasi dan berpotensi merusak komponen di dalamnya. Matikan TV menggunakan remote terlebih dahulu sebelum mencabut steker, terutama jika TV sedang dalam kondisi aktif.

5. Tempatkan pada Tempat yang Tepat

Letakkan TV LED di tempat yang cukup udara dan tidak lembap. Hindari meletakkan benda elektronik lain di dekat TV, karena gelombang elektromagnetik dapat mengganggu kinerja komponen di dalamnya. Selain itu, atur setelan gambar atau display TV dengan bijak.

Atur kontras, brightness, dan sharpness pada tingkat yang wajar, tidak melebihi 50 atau 60 persen, untuk mencegah panas berlebihan pada panel TV yang dapat menyebabkan kerusakan.

Dengan mengikuti tips-tips di atas TV LED awet dan tahan lama. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, kamu dapat memastikannya tetap berfungsi dengan baik dalam kurun waktu yang panjang.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Penyebab Brain Freeze
Apa Penyebab Terjadinya Brain Freeze?
Kamala Harris Joe Bidden
Profil Kamala Harris, Calon Capres AS Pengganti Joe Biden
Aplikasi DIGI bank bjb
Hadirkan Inovasi Digital, bank bjb Perkenalkan Pembaruan Aplikasi DIGI bank bjb
DP3A Klaim Angka Kekerasan pada Perempuan Menurun
DP3A Klaim Angka Kekerasan pada Perempuan dan Anak di Kota Bandung Menurun
kepulangan jemaah haji
Kloter Jemaah Haji Kertajati Menandakan Akhir Fase Kepulangan
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

Update E-Faktur 4.0 dan Website e-Nofa Resmi Dirilis, Apa Saja yang Baru?

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Jakarta Bhayangkara Presisi Juara Putra Proliga 2024 Setelah Kalahkan LavAni

5

Gampang, Begini Cara Screenshot di Infinix Note 40
Headline
tiket sheila on 7
Luar Biasa, Tiket Tambahan Konser Sheila On 7 Ludes Terjual!
Yalla Shoot
Link Streaming Persib Bandung vs Borneo FC Piala Presiden 2024, Selain Yalla Shoot
Harvey Moeis
Harta Harvey Moeis Disita, Ada Uang Rp13,58 M Hingga 88 Tas Branded
simbara
Mengenal SIMBARA yang Diklaim Mampu Mencegah Pemain Nakal Komoditas Nikel