Tahun 2025 Bali Punya Kampung Difabel di Klungkung

Bagikan

DENPASAR, TM.ID : Bali tengah membangun kampung difabel di Pusat Kebudayaan Bali, Kabupaten Klungkung.

“Dalam Pusat Kebudayaan Bali yang diharapkan rampung tahun 2025 tersebut dicanangkan akan disediakan lokasi khusus bagi anak-anak istimewa (disabilitas, Red) kita, katakanlah namanya Kampung Difabel,” kata Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster, di Denpasar, Rabu (11/1/2023).

Putri Suastini mengatakan, keberadaan Kampung Difabel nantinya dapat menjadi lokasi pengembangan bakat dari penyandang disabilitas yang memiliki kelebihan khusus, sehingga di sana mereka juga dapat mencari nafkah.

“Misalnya, anak-anak yang tuna rungu yang bisa menari, nantinya bisa menari di atas panggung, meskipun mereka tidak bisa mendengarkan gamelan tetapi kita latih, sehingga mereka bisa menari dengan baik sesuai iringan gamelan,” ujarnya.

Rencana pembangunan Kampung Difabel sendiri disampaikan pendamping orang nomor satu di Pemprov Bali itu di hadapan anak-anak yang menampilkan keahlian seninya dalam pembukaan Festival Karya Seni Disabilitas Bali di Yayasan Bunga Bali.

Ia juga menyampaikan bahwa tak hanya seni dalam menari, Kampung Difabel juga akan memberi ruang bagi kemampuan anak disabilitas lainnya seperti melukis maupun bermusik.

BACA JUGA: Anggota Polda Bali Ditusuk di Bar Legian Bali

Dalam pameran dan festival seni tersebut, Putri Suastini mengapresiasi donatur maupun yayasan yang telah peduli terhadap penyandang disabilitas di Pulau Dewata.

Menurutnya, kegiatan seni bagi anak-anak disabilitas dengan kemampuan uniknya berguna untuk semakin mengasah keahlian, sehingga bakatnya tersalurkan dan bermanfaat.

Melalui Kampung Difabel, Putri mengaku nantinya akan ada ruang bagi disabilitas mencari nafkah lewat keahliannya yang terus diasah tersebut.

“Untuk itu, sejak dini anak-anak difabel yang masih bisa produktif kita persiapkan dan latih dengan keterampilan seperti memasak, SPA, desain pakaian dan sebagainya bahkan bila memungkinkan kita sertifikasi, sehingga nantinya mereka memiliki keterampilan dan dengan dilengkapi itu mereka nantinya akan siap bersaing di dunia kerja,” katanya.

Selain itu, Ketua Dekranasda Bali itu berharap Kampung Difabel juga dapat menjadi tempat bernaung bagi anak yang tidak memiliki orang tua, sehingga mereka bisa dirawat dan mendapat hidup dengan layak di daerah Gunaksa, Klungkung, tersebut.

Untuk itu, Putri Suastini mengajak semua komponen seperti donatur dan yayasan bersinergi dengan pemerintah, duduk bersama, berdiskusi agar ke depannya dapat mengayomi anak-anak istimewa atau disabilitas, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi mandiri dan tangguh, bertalenta serta memiliki kepribadian yang baik.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
manfaat-minum-susu-sebelum-tidur-fakta-atau-sekadar-mitos-0-alodokter
5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur untuk Kesehatan
Virus West Nile
Gejala, Penularan dan Pencegahan Virus West Nile yang Mewabah di Israel
mahasiswi ITB
Mahasiswi ITB Curi Perhatian dengan Video Claymation 'The Layers'
Film Janji Darah
Film Horor 'Janji Darah' Siap Tayang: Utang yang Berujung Teror!
Merekam Layar Mac
Cara Mudah Merekam Layar di Mac tanpa Aplikasi Tambahan
Berita Lainnya

1

Tyronne del Pino, Pemain Asing Persib Yang Terbuang Kini Mulai Dilirik Bojan Hodak

2

Penuh Drama, Jeman Vs Denmark Berakhir 2-0 di Euro 2024

3

Segini Anggaran Belanja Persib Bandung Jelang Liga 1 2024/2025

4

Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Singkirkan Italia 2-0

5

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF
Headline
pdns dirjen aptika kominfo
Masalah PDNS Belum Tuntas, Dirjen Aptika Kominfo Mundur
EIGER Adventure Siapkan Kejutan Buy One Get One
EIGER Adventure Siapkan Kejutan Buy One Get One dan Diskon Hingga 50%
pabrik narkoba terbesar di indonesia
Polisi Ungkap Pabrik Narkoba Terbesar Indonesia di Malang, Modusnya EO
Indonesia Peringkat Pertama Buang Makanan
Indonesia Peringkat Pertama Buang Makanan di ASEAN, Kerugian Capai Rp551 Triliun!