Menaker: Solidaritas Kunci Hadapi Tantangan Ketenagakerjaan di Era Industri 4.0

menaker
Intip, Pembahasan Kenaikan UMP 2024 Rampung di 31 Oktober 2023 (web)

Bagikan

JAKARTA,TM.ID : Soliditas antara organisasi pekerja, organisasi pengusaha, dan pemerintah dapat menjadi salah satu kunci dalam menghadapi tantangan bidang ketenagakerjaan di era industri 4.0.

Demikian dikatakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat Puncak Perayaan Hari Buruh Internasional yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin (1/5/2023).

“Saya meyakini lewat kekompakan dan soliditas ini tantangan-tantangan di bidang ketenagakerjaan kita bisa lalui bersama-sama,” ujar Menaker.

Menurutnya, tantangan dunia ketenagakerjaan di era industri 4.0 semakin berat. Industri 4.0 telah membuka peluang terciptanya profesi baru, namun di sisi lain banyak profesi lama yang telah mulai tergerus.

Sementara itu, lanjut dia, juga terjadi perubahan besar pada jenis pekerjaan, karakter pekerjaan, maupun skill yang dibutuhkan oleh dunia usaha di era transformasi digital ini.

Di tengah industri 4.0, lanjut dia, penyesuaian pola kerja dan pengelolaan usaha merupakan salah satu solusi menghadapi tantangan dunia ketenagakerjaan di era industri 4.0.

“Situasi menuntut kita untuk berubah dan melakukan penyesuaian pola kerja, pengelolaan usaha dari tradisional menjadi digital sebagai solusi untuk mempertahankan keberlangsungan usaha,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengatakan dibutuhkan kekompakan soliditas untuk menjawab tantangan tersebut.

Ida mengatakan kekompakan dan soliditas terbukti dapat melewati masa-masa sulit Indonesia dalam dua setengah tahun terakhir.

“Kita bisa melewati bersama-sama pandemi COVID-19 sehingga pada bulan Desember 2022 bapak presiden telah secara resmi menghentikan pemberlakuan PPKM,” katanya.

BACA JUGA: May Day! Ini 3 Aktivis Penting Buruh Indonesia

Selain itu, lanjut dia, situasi pandemi telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk dapat bersama-sama melakukan perbaikan diri serta menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan tangguh.

“Tantangan yang akan datang mungkin akan semakin berat tapi saya yakin dan percaya dengan soliditas kebersamaan, sinergi kita bisa menghadapi segala bentuk tantangan yang akan datang,” ucapnya.

Menurutnya, kekompakan dan soliditas itu dapat diwujudkan dalam kelembagaan hubungan industrial yaitu melalui forum Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional maupun melalui dewan pengupahan nasional sebagai lembaga resmi di bidang ketenagakerjaan.

Dalam kesempatan itu, Ida juga menyampaikan bahwa total buruh yang menjadi anggota serikat pekerja sebanyak 4,2 juta orang. Jumlah keanggotaan serikat pekerja itu dinilai masih rendah ketimbang jumlah buruh di Tanah Air.

“Artinya masih banyak sekali pekerja buruh kita yang masih belum bergabung dengan konfederasi maupun federasi,” ujarnya.

Ia berharap keanggotaan serikat pekerja dapat bertambah diiringi dengan kemampuan manajerial yang profesional, akuntabel serta mampu menghasilkan pemikiran-pemikiran yang konstruktif demi kemajuan bangsa.

(Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Umur Dian Sastro
Usia Dian Sastro Menginjak Kepala 4, Ini Film yang Pernah Ia Geluti
lelang mobil F1
Monterey Car Week Lelang Mobil F1 Legendaris, Senjata Terakhir Mclaren-Mercedes
Pendiri Apple
Mengenal WOZX Coin, Token Cryptocurrency Milik Pendiri Apple
yamaha Y-AMT
Yamaha Garap Perpindahan Gigi Cerdas Y-AMT, Mirip Teknologi Honda?
Megawati Hangestri
Megawati 'Megatron' Atlet Terpopuler ISEA 2024, Shin Tae-yong Borong 2 Penghargaan
Berita Lainnya

1

Penuh Drama, Jeman Vs Denmark Berakhir 2-0 di Euro 2024

2

Tyronne del Pino, Pemain Asing Persib Yang Terbuang Kini Mulai Dilirik Bojan Hodak

3

Segini Anggaran Belanja Persib Bandung Jelang Liga 1 2024/2025

4

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

5

Swiss Melaju ke Perempat Final Euro 2024 Setelah Singkirkan Italia 2-0
Headline
Marc Marquez Turun Peringkat di MotoGP Belanda
Dianggap Curang, Marc Marquez Turun Peringkat di MotoGP Belanda
data polri kena hack
Data Polri Kena Hack, Beredar di Dark Web!
Kronologi Meninggalnya Zhang Zhi Jie
Kronologi Meninggalnya Zhang Zhi Jie di Asia Junior Championship 2024
Korban Tanah Longsor Blitar
Pencarian 6 Jam, 2 Korban Tanah Longsor Blitar Ditemukan Tewas