Kemenkeu Jabar Gelar UMKM Roeang Kita UMKM Fest 2024

Kemenkeu Jabar Gelar UMKM Roeang
Roeang Kita UMKM Fest 2024 (Ekka/TM)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Kementerian Keuangan Jawa Barat (Kemenkeu Jabar) menggelar UMKM Festival dengan tajuk Roeang Kita UMKM Fest 2024 by Kemenkeu Jabar di Halaman Gedung Sate, jalan Diponegoro nomor 22 Bandung pada hari Sabtu, 26 Oktober 2024 dan Minggu, 27 Oktober 2024.

Roeang Kita UMKM Fest 2024 by Kemenkeu Jabar inimerupakan wujud komitmen Kementerian Keuangan Jawa Barat dalam memperkuat ekonomi lokal dan mendukung perkembangan UMKM di Jawa Barat untuk dapat naik kelas.

Roeang Kita UMKM Fest 2024 juga memberikan wadah kepada para UMKM untuk mempromosikan produk dan meningkatkanpenjualan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadapproduk lokal.

Lebih dari 156 UMKM hadir dalam Roeang Kita UMKM Fest 2024 by Kemenkeu Jabar. Para UMKM tersebut merupakanUMKM binaan seluruh unit Kementerian Keuangan di JawaBarat.

Berbagai produk dijajakan oleh para UMKM tersebut mulai dari makanan-minuman, pakaian, dan craft (kerajinantangan). Di antara 156 booth tersebut, terdapat 38 booth UMKM sudah pernah ekspor baik mandiri maupun melalui pihak ketiga.

Berdasarkan data Dinas KUK Provinsi Jawa Barat, terdapat 6,2 juta UMKM di Jawa Barat. 79% UMKM tersebut belum melekdigitalisasi dengan berbagai kendala.

Melalui kegiatan ini Kemenkeu Jabar juga menyelenggarakan kegiatan literasi bagiUMKM untuk dapat meningkatkan kapasitasnya denganmenghadirkan pihak-pihak perbankan, dan lembaga pemerintahuntuk menyampaikan edukasi terkait keuangan, perpajakan, perizinan, ekspor dan literasi lainnya.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Perpajakan Yon Arsal, Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai Askolani, DirjenPerbendaharaan Astera Primanto Bhakti, Komisioner BP Tapera Heru Pudyo Nugroho, dan para tamu undangan lainnya hadir di kegiatan Roeang Kita UMKM Fest 2024 by KemenkeuJabar tersebut.

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengatakan, pihaknya menyambut baik acara tersebut. Selain itu, menurutnya UMKM sangat penting apalagi salah satu upaya pihaknya saat ini yakni membuat masyarakat lebih produktif.

“Jadi busa berbagai macam cara masyarakat bisa bekerja, kita berusaha dan salah satunya UMKM kita mendorong agar UMKM yang kecil dan menengah bisa lebih besar lagi dan pada akhirnya akan lebih banyak lagi tenaga kerja yang kerja di UMKM,” kata Bey Machmudin

Bey pun berpesan bagi para pelaku UMKM jangan pernah putus asa, terus lah bersemangat. Sebab, segala sesuatu membutuhkan waktu.

“Jangan putus asa, jadi selalu bersemangat karena perlu waktu untuk pembangunan itu, jadi yakinlah pasti akan ada jalannya dan yang penting sesuai aturan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dirjen Bea Cukai Bandung, Budi Santoso mengatakan, Roeang Kita merupakan salah satu media untuk mempertemukan para UMKM dengan masyarakat.

Dirinya berharap, dengan adanya acara tersebut bakal mensupport UMKM untuk menyasar produknya secara lebih luas.

“Tentunya kami sangat senang karena ini memang bagian dari program kami untuk mendukung UMKM,” katanya.

Selain itu, Budi juga berharap, UMKM dapat menampilkan produk-produk terbaiknya untuk ditunjukkan kepada masyarakat publik.

BACA JUGA: Banjir Doorprize dan Diramaikan Artis Tanah Air, Ratusan UMKM Hadir di Gedung Sate Akhir Pekan ini

“Karena disini ada banyak dari perwakilan, mungkin dari pemerintahan, dari pengusaha yang tentunya akan melihat produknya, ketika produknya sudah memberi impresi yang baik tentunya ada potensi untuk berkembang lagi ke masyarakat,” ujarnya.

Roeang Kita UMKM Fest 2024 by Kemenkeu Jabar diselenggarakan terbuka untuk umum dan gratis bagi seluruhmasyarakat. Dan acara ini diselenggarakan dengan dukungandari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia, Pusat Investasi Pemerintah, Badan Pengelola Tabungan PerumahanRakyat (Tapera), Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB), Bank Syariah Indonesia (BSI), Taspen, Mandiri Taspen, Taspen Life, dan Asosiasi PengusahaHaji dan Investor Muda Indonesia (APHIMI).

 

 

(Rizky Iman/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
cek fisik kendaraan online
Cek Fisik Kendaraan Bakal Jadi Online, Pemeriksaan Lebih Canggih!
Waktu terasa cepat
Kenapa Waktu Terasa Cepat? Simak Penjelasan Ilmiahnya
Alasan logis menyukai anime
5 Alasan Logis Orang Dewasa Menyukai Anime, Lebih dari Hobi!
Istilah wibu
Mengulik Istilah dan Ciri-ciri Anak Wibu
Komisi XIII DPR RI
AKD Baru, Komisi XIII DPR RI Belum Bisa Kerja
Berita Lainnya

1

Prabowo Gunakan Uang Pribadi Biayai Pembekalan Kabinet Merah Putih

2

2 Skenario Penyelamatan Raksasa Tekstil Sritex yang Pailit

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Cara Mention Orang di Status WhatsApp, Mirip Instagram Stories!
Headline
IMG-20241028-WA0003
Menang di Markas Persik Kediri, Persib Belum Terkalahkan di Kompetisi Liga 1 2024/2025
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans
Portland Trail Blazers Kalahkan New Orleans Pelicans 125-103 dalam Lanjutan kompetisi NBA
Sumpah Pemuda Manchester United
Klub Manchester United Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, Kutip Ucapan Bung Karno
Kapolda NTT Irjen Daniel Tahi Monang Silitonga kasus PTDH Ipda Rudy Soik
Jelimet PTDH Ipda Rudy Soik, Kapolda NTT: Kasus Bermula dari Room Karaoke