Sah! Anggota DPR RI Periode 2024-2029 Ucap Sumpah Janji

Sumpah janji anggota DPR RI 2024-2029
Sumpah janji anggota DPR RI 2024-2029 (Instagram DPR RI)

Bagikan

JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Pimpinan Sementara DPR RI yang diwakili oleh legislator paling tua, Guntur Sasono (78) dan Wakil Pimpinan Sementara DPR RI yang diwakili oleh usia termuda, Annisa MA Mahesa (23) beserta 580 anggota DPR RI lainnya mengucapkan sumpah janji anggota DPR RI periode 2024-2029.

Suasana pengucapan sumpah dan janji itu berlangsung khidmat. Mulai hari ini, Selasa (1/10/2024), mereka harus memikul amanah rakyat Indonesia untuk lima tahun ke depan.

Ketua Mahkamah Agung (MA) Syarifuddin berdiri di atas podium pimpinan DPR RI untuk memandu 580 Anggota DPR RI Periode 2024-2029 itu membacakan kata per kata sumpah janji.

Mengutip Parlementaria, Syarifuddin mengingatkan bahwa setiap kata dari sumpah yang diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Indonesia serta memelihara dan menyelamatkan Pancasila sekaligus UUD 1945.

Ketua MA pun turut menyampaikan bahwa sumpah janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan keikhlasan dan kejujuran.

Para anggota dewan itupun berdiri, dan satu per satu para pemuka agama yang berasal dari lima agama berdiri di posisi paling depan meja anggota dewan untuk mendampingi perwakilan anggota dewan selama prosesi pengucapan sumpah janji berlangsung.

“Saudara-saudara wajib bersumpah janji menurut agama masing-masing, apakah saudara-saudara bersedia?” tanyanya kepada seluruh anggota dewan yang diikuti oleh suara-suara lugas nan tegas ‘bersedia’ dari para anggota dewan.

Berikut petikan kata perkata sumpah dan janji Anggota DPR RI periode 2024-2029:

Saya bersumpah. Saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya, Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, sesuai dengan pedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945.

Bahwa saya, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi seseorang dan golongan. Bahwa saya, akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa saya, akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Usai pengucapan janji, para anggota dewan dari perwakilan Fraksi Partai Gerindra, Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai NasDem, dan Fraksi Partai PKB secara simbolis menandatangani berita acara pelantikan yang turut ditandatangani oleh para perwakilan pemuka agama serta Ketua Mahkamah Agung.

Setelah itu, Pimpinan Sementara DPR RI Guntur Sasono dan Wakil Pimpinan Sementara DPR RI Annisa M.A. Mahesa kembali menuju podium pimpinan DPR untuk memimpin kembali agenda tersebut.

“Acara pengucapan sumpah janji telah terlaksana dengan baik. Semoga kita dapat mengemban amanah yang diberikan oleh rakyat Indonesia,” pungkas Guntur.

BACA JUGA: Anggota DPR RI Berkostum Ultraman Saat Pelantikan Curi Perhatian

Menutup agenda tersebut, Pimpinan DPR RI Periode 2019-2024, yang terdiri Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua Koordinator Politik dan Keamanan DPR RI Lodewijk F Paulus, Wakil Ketua Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat DPR Abdul Muhaimin Iskandar, dan Wakil Ketua Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan DPR Rachmat Gobel menyerahkan Buku Memori DPR Periode 2019-2024.

Buku yang menjadi simbol estafet pergantian pimpinan dewan ini diterima dengan baik oleh Ketua DPR sementara Guntur Sasono dan Wakil DPR sementara Annisa M.A. Mahesa periode 2024-2029.

“Kiranya, dapat dipergunakan sebagai bahan masukan bagi DPR RI masa keanggotaan 2024-2029 dalam melaksanakan tugas konstitusional,” tandas Guntur.

 

(Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Menghilangkan Kebiasaan buruk
Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk!
Tugas Polisi
Ini Tugas Polisi Hutan, Garda Terdepan Pelestari Rimba
melacak nomor HP tanpa aplikasi
Cara Melacak Nomor HP Tanpa Aplikasi, Mudah Banget!
Sepatu Sneakers
Spatu Sneakers Idaman untuk Nonton Konser: Nyaman dan Stylish!
Slogan Jualan Lucu
Strategi Jitu Jualan Menarik Pelanggan dengan Slogan Lucu
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

PKB Desak Kemendikbud Tarik Buku Muat Narasi Gus Dur Dilengserkan

3

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

4

Daftar 22 Artis yang Dilantik Jadi Anggota DPR Periode 2024-2029

5

Geger! Minggu Pagi Penemuan 7 Mayat Terapung di Kali Bekasi
Headline
Prediksi Skor Arsenal
Prediksi Skor Arsenal vs PSG Liga Champions 2024/2025
Bayer Leverkusen
Bayer Leverkusen vs AC Milan, Duel Panas Liga Champions 2024/2025
Eliano Reijnders arti nomor punggung 7
Arti Nomor Punggung 7 yang Dikenakan Eliano Reijnders Usai Diambil Sumpah WNI
22 artis dilantik jadi anggota DPR
Daftar 22 Artis yang Dilantik Jadi Anggota DPR Periode 2024-2029