Mulai Hari Ini, Dana Pensiun Tidak Bisa Cair 100 Persen Sebelum 10 Tahun!

dana pensiun tidak bisa cair sebelum 10 tahun
(Pixabay)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal melarang pencairan dana pensiun sebelum usia kepesertaan menginjak 10 tahun. Aturan tersebut berlaku mulai Oktober 2024.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono memberikan klarifikasi soal aturan tersebut.

Ia mengatakan tujuan pelaksanaan program pensiun baru itu adalah menjaga kesinambungan penghasilan pekerja setelah memasuki usia pensiun

“Jadi sebenarnya setelah usia pensiun, pensiunan itu menerima manfaat pensiun secara berkala bulanan. Itu prinsip daripada pensiunan, program pensiunan,” demikian penjelasan Ogi dalam keterangan resmi, Minggu (8/9/2024).

Dalam ketentuan yang ada, saat seseorang pensiun maka diperkenankan menarik 20 persen. Lalu, 80 persen sisanya dilakukan pembayaran berkala bulanan oleh program dana pensiun pemberi kerja atau dana pensiun dalam produk anuitas yang diberikan perusahaan asuransi.

Produk Anuitas merupakan salah satu instrumen asuransi jiwa yang memberikan pembayaran secara bulanan kepada peserta yang telah mencapai usia pensiun, janda/duda, anak untuk jangka waktu tertentu atau secara berkala.

Lebih lanjut, Ogi mengatakan sebetulnya peserta pensiun bisa menerima dana bulanan, tapi tak boleh dicairkan.

“Nah itu yang kita harapkan bahwa itu baru bisa dicairkan selama 10 tahun. Tapi setiap bulan para pensiunan masih menerima manfaat pensiunnya,” katanya

Ogi lantas menjelaskan jika manfaat pensiun usai dikurangi 20 persen lebih kecil daripada Rp1,6 juta per bulan, atau nilai tunainya sekitar Rp500 juta, itu boleh dicairkan sekaligus.

Berdasarkan ketentuan, dana pensiun boleh dicairkan sekaligus jika manfaat pensiunnya kurang dari Rp1,6 juta atau nilai tunai kurang dari Rp500 juta.

“Nah jadi ini adalah program pensiun. Jadi berbeda dengan tabungan hari tua, atau jaminan hari tua yang ada di BPJS TK misalnya, itu pada saat pensiun boleh dicairkan secara tunai,” tambahnya.

Ogi juga menerangkan jaminan pensiun (JP) yang ada di BPJS TK juga memiliki skema seperti prinsip dana pensiun. Dana itu tidak bisa dicairkan, tetapi bisa diterima setiap bulan.

“Nah jadi saya berharap bahwa penjelasan ini lebih clear dan bisa dipahami oleh seluruh, terutama oleh peserta,” ungkap Ogi.

BACA JUGA: Begini Aturan Gaji Pekerja yang Akan Dipotong Lagi untuk Dana Pensiun

Sebelumnya, latar belakang aturan baru tersebut dikarenakan OJK memandang industri Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) cenderung kurang berkembang. Pasalnya, 80 persen tertanggungnya langsung mencairkan di muka.

Hal itu membuat statistik dana pensiun dari DPPK tak pernah naik. Sebab, begitu dana masuk, keluar dari Program Pensiun Iuran Pasti masuk anuitas, dan dicairkan hanya kurang dari sebulan. OJK menilai tindakan semacam itu menyalahi aturan main dana pensiun.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Satyalancana Karya Satya
9 PNS Kota Bandung Dapatkan Penghargaan Satyalancana Karya Satya di Hari Kesaktian Pancasila
Netralitas ASN
Pj Wali Kota Bandung Tekankan Netralitas ASN di Pilkada Serentak 2024
parkir liar
Parkir Liar, Dishub Kota Bandung Bakal Derek Paksa Kendaraan
Bento Cake Estetis
Referensi Bento Cake yang Estetis dan Menggemaskan
jamaludin malik cosplay ultraman
Cosplay Ultraman Saat Pelantikan, Ini Profil dan Harta Kekayaan Jamaludin Malik
Berita Lainnya

1

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

2

PKB Desak Kemendikbud Tarik Buku Muat Narasi Gus Dur Dilengserkan

3

Gaji Tak Naik Selama 12 Tahun, Ribuan Hakim Bakal Cuti Masal

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Daftar 22 Artis yang Dilantik Jadi Anggota DPR Periode 2024-2029
Headline
Eliano Reijnders arti nomor punggung 7
Arti Nomor Punggung 7 yang Dikenakan Eliano Reijnders Usai Diambil Sumpah WNI
22 artis dilantik jadi anggota DPR
Daftar 22 Artis yang Dilantik Jadi Anggota DPR Periode 2024-2029
Transformasi Tol Laut
Menyelami Transformasi Tol Laut, Upaya Pemerintah Bangun Konektivitas Wilayah 3TP
Motor Marquez Terbakar
Motor Terbakar di MotoGP Indonesia, Marquez Akui Sulit Kejar Gelar Juara