Profil Haru Suandharu, Politisi Senior PKS yang Jadi Calon Wali Kota Bandung!

profil Haru Suandharu
(pks)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Haru Suandharu, seorang politisi yang memiliki rekam jejak panjang dalam bidang pendidikan dan politik, kini siap mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung pada Pilkada 2024. Kehadirannya dalam kancah politik sudah lama terkenal, terutama dalam upaya memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Kota Bandung.

Haru Suandharu bukan hanya seorang dosen dan pengelola bimbingan belajar, tetapi juga seorang yang peduli pada persoalan sosial dan lingkungan. Salah satu kontribusinya yang paling terkenal adalah ketika ia berupaya meningkatkan upah para penyapu jalanan Kota Bandung agar setara dengan UMR.

Berikut merupakan profil Haru Suandharu dengan karier moncer dan pendidikannya.

Karier

Haru lahir di Tasikmalaya pada tanggal 29 Juni 1975. Setelah lulus dari SMAN 5 Bandung pada tahun 1993, ia melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia kemudian menyelesaikan program doktornya di Universitas Padjadjaran (Unpad). Pada awal kariernya, Haru pernah bekerja sebagai dosen luar biasa di ITB pada tahun 2001-2002.

Tidak berhenti disitu saja, Haru juga terlibat dalam pengelolaan Pusat Bimbingan Belajar Villa Merah. Dia menjabat sebagai Manajer Marketing dan Wakil Direktur dari tahun 2001 hingga 2005. Pada saat yang bersamaan, ia juga aktif di bidang asuransi syariah sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun sepenuhnya ke dunia politik.

Kiprah di DPRD Kota Bandung dan Jawa Barat

Karier politiknya mulai ketika ia menjadi Ketua DPD PKS Kota Bandung pada tahun 2006. Pada tahun 2009, ia berhasil terpilih sebagai anggota DPRD Kota Bandung untuk periode 2009-2014. Pada periode tersebut, Haru menjabat sebagai Ketua Komisi A, dan pada periode berikutnya (2014-2019), ia menjadi Wakil Ketua DPRD.

Selama masa jabatannya, Haru aktif dalam memperjuangkan isu-isu sosial dan lingkungan. Salah satu contohnya adalah ketika ia turut memperjuangkan agar kawasan Hutan Kota Babakan Siliwangi diambil alih oleh Pemerintah Kota Bandung.

Pada tahun 2019, dia terpilih sebagai Anggota DPRD Jawa Barat dan hingga kini, ia menjabat sebagai Ketua DPW PKS Jawa Barat. Karier politiknya terus berlanjut, dan pada Pileg 2024, Haru kembali terpilih untuk duduk di DPRD Jawa Barat.

Dengan pengalamannya yang luas di dunia politik dan birokrasi, saat ini Haru mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung pada Pilkada 2024. Haru berpasangan dengan Dhani Wirianata, yang mendapat dukungan dari PKS dan Partai Gerindra.

Kontribusi di Pendidikan

Selain karier politiknya, Haru tetap aktif dalam dunia pendidikan. Ia adalah pendiri sekaligus Ketua Yayasan Tim Olimpiade Biologi Indonesia yang telah melahirkan banyak prestasi di kancah nasional maupun internasional.

Melalui Yayasan Tim Olimpiade Biologi Indonesia, Haru banyak berkontribusi dalam membina generasi muda Indonesia agar mampu bersaing di kancah global. Selain itu, pengalaman Haru sebagai Wakil Direktur Pusat Bimbingan Belajar Villa Merah juga menunjukkan komitmennya yang tinggi terhadap pendidikan anak-anak muda.

Visi dan Misi Haru untuk Kota Bandung

Sebagai calon Wali Kota Bandung, Haru telah menyiapkan sejumlah program yang fokus pada pembangunan berkelanjutan. Ia berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan layanan publik, pengembangan infrastruktur, dan pengelolaan lingkungan yang lebih baik.

Salah satu fokus utama Haru adalah mengatasi masalah kemacetan, banjir, dan sampah yang selama ini menjadi tantangan besar bagi Kota Bandung.

BACA JUGA: Haru Suandharu: Kenaikan Elektabilitas Dedi Mulyadi Hanya Efek Ridwan Kamil ke Jakarta

Selain itu, Haru juga berencana untuk memperkuat sektor ekonomi kreatif dan UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Kota Bandung. Ia yakin bahwa dengan pemberdayaan yang tepat, Bandung dapat menjadi salah satu kota yang mandiri secara ekonomi.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Mengikat rambut kencang
Ikat Rambut Terlalu Kencang, Sebabkan Sakit Kepala?
Rumah Produksi Narkoba di Banten
Rumah Produksi Narkoba di Banten Berhasil Digerebek BNN
STTP kampanye
STTP Kampanye Itu Apa? Cek Penjelasannya!
PKKMB UHS
Di PKKMB Warek 1 UHS Beri Pesan "Tumbuhkan Rasa Seni, Ciptakan Estetika"
Tap MPR cabut gusdur
Istri Almarhum Gusdur Berharap Pencabutan TAP MPR Bukan Basa-basi Politik
Berita Lainnya

1

Link Live Streaming Indonesia U20 Vs Yaman U20 Selain Yalla Shoot

2

Geger! Minggu Pagi Penemuan 7 Mayat Terapung di Kali Bekasi

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Keruk Emas Ilegal di Kalbar, WNA asal Cina Rugikan Negara Rp 1 Triliun

5

Euforia Romantisme, Sheila on 7 'Tunggu Aku Di' Bandung Pukau 35 Ribu Penonton!
Headline
Museum MotoGP Pertama di Dunia
Pertamina MotoGP Experience Gallery, Museum MotoGP Pertama di Dunia
Momen Jokowi Nonton MotoGP hingga Serahkan Trofi
Momen Jokowi Nonton MotoGP hingga Serahkan Trofi
Gunung Lewotobi Lak-Laki Erupsi
Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lontarkan Abu Vulkanik 1 Km Diatas Puncak
Screenshot_20240929_191601_WhatsApp
Semarak Konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di Bandung” Bersama JNE