Tim Indonesia Berhasil Raih Kemenangan di Kompetisi WSC 2024

Kompetisi WSC 2024
Ilustrasi. (pinterest)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Dalam kompetisi tingkat dunia, World Skills Competition (WSC) 2024 yang berlangsung pada 10 – 15 September 2024 di Perancis, tim mahasiswa Indonesia berhasil meraih kemenangan.

Tim Indonesia berhasil meraih perolehan 1 medali emas di bidang IT Network System Administration, 1 medali emas untuk kategori eksibisi bidang Rail Vehicle Technology, 1 medali perak di bidang Electronic, dan 2 Medallion for Excellence.

Dari banyaknya pencapaian medali di atas, Indonesia menempati posisi ke-11 dari 46 negara peserta termasuk Korea, Taiwan, Swiss, dan China.

Para pemenang berasal dari sekolah vokasi Medali emas di bidang IT Network System Administration berhasil diraih oleh Favian Ahza Putra Sobar, alumnus SMKN 1 Cimahi dan sedang kuliah di Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM).

Selain Favian, medali emas juga diraih oleh Cahyo Dwi Prayogo dan Mohammad As’ari, untuk kategori eksibisi bidang Rail Vehicle Technology.

Cahyo merupakan alumnus SMKN 8 Jember dan sekarang bekerja di PT Kereta Api Indonesia, sedangkan As’ari merupakan alumnus SMKN 2 Sragen dan sedang bekerja di PT Kereta Commuter Indonesia.

Medali perak di bidang Electronic berhasil diraih oleh Fakhi Akmal, alumnus SMKN 1 Cimahi yang sekarang berkuliah di Politeknik Negeri Bandung.

Sementara itu, Medal for Excellence pada bidang Industrial Control diperoleh Reho Kurnia, alumnus SMK Tunas Harapan Pati yang sekarang berkarier di PT Denso Indonesia.

Medal for Excellence juga berhasil diraih oleh Denny Syahrul Arfiansyah dan Ahmad Yogi Fernanda pada bidang Autonomous Mobile Robotic.

Keduanya juga merupakan alumni SMK Tunas Harapan Pati dan sama-sama melanjutkan kuliah di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Pendidikan Vokasi Bantu Persiapan Peserta

Pendidikan vokasi bantu persiapan para peserta Dengan persiapan yang relatif singkat yakni kurang dari 9 bulan, tidak membuat tim Indonesia pesimis dan patah semangat.

Favian sebagai salah satu peraih medali emas, menuturkan bahwa pendidikan semasa SMK telah membantunya dalam memTim mahasiswa Indonesia berhasil meraih prestasi membanggakan dalam kompetisi tingkat dunia, World Skills Competition (WSC) 2024, yang berlangsung di Perancis.

“Ketika SMK, saya terbiasa diberi materi terkait IT yang terus diperbaharui sesuai dengan perkembangan global. Inilah yang menjadi bekal bagi saya dalam mengikuti ajang WSC 2024,” ujar Favian.

Bagi Favian, pencapaian ini merupakan kebanggaan dalam membawa nama pendidikan vokasi Indonesia, khususnya SMK, ke kancah dunia.
“Semoga ini dapat memacu semangat para pelajar SMK untuk semakin mendalami konsentrasi keahlian yang telah mereka pilih,” tambahnya.

Prestasi gemilang ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda di Indonesia untuk terus berprestasi di bidang vokasi dan teknologi.persiapkan WSC 2024.

“Ketika SMK saya terbiasa diberi materi terkait IT yang terus diperbaharui sesuai dengan perkembangan global. Inilah yang menjadi bekal buat saya dalam mengikuti ajang WSC 2024,” ujar Favian.

BACA JUGA: Pengangguran Lulusan SMK Tertinggi Gegara Biaya Kuliah Kemahalan

Menurut Favian, prestasi yang ia raih adalah sebuah kebanggaan dalam mengangkat nama pendidikan vokasi Indonesia, terutama SMK, di pentas dunia. Ia berharap pencapaian ini dapat mendorong semangat para siswa SMK untuk lebih mendalami bidang keahlian yang telah mereka pilih.

 

(Virdiya/Budis)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Mengikat rambut kencang
Ikat Rambut Terlalu Kencang, Sebabkan Sakit Kepala?
Rumah Produksi Narkoba di Banten
Rumah Produksi Narkoba di Banten Berhasil Digerebek BNN
STTP kampanye
STTP Kampanye Itu Apa? Cek Penjelasannya!
PKKMB UHS
Di PKKMB Warek 1 UHS Beri Pesan "Tumbuhkan Rasa Seni, Ciptakan Estetika"
Tap MPR cabut gusdur
Istri Almarhum Gusdur Berharap Pencabutan TAP MPR Bukan Basa-basi Politik
Berita Lainnya

1

Link Live Streaming Indonesia U20 Vs Yaman U20 Selain Yalla Shoot

2

Geger! Minggu Pagi Penemuan 7 Mayat Terapung di Kali Bekasi

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Keruk Emas Ilegal di Kalbar, WNA asal Cina Rugikan Negara Rp 1 Triliun
Headline
Museum MotoGP Pertama di Dunia
Pertamina MotoGP Experience Gallery, Museum MotoGP Pertama di Dunia
Momen Jokowi Nonton MotoGP hingga Serahkan Trofi
Momen Jokowi Nonton MotoGP hingga Serahkan Trofi
Gunung Lewotobi Lak-Laki Erupsi
Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Lontarkan Abu Vulkanik 1 Km Diatas Puncak
Screenshot_20240929_191601_WhatsApp
Semarak Konser Sheila On 7 “Tunggu Aku Di Bandung” Bersama JNE