Ratusan Suzuki Avenis 125 Kena Recall di Indonesia, Masalah Kelistrikan

suzuki avenis 125 recall
(Dok.Suzuki)

Bagikan

JAKARTA, TEROPONGMEDIA.ID — Skutik matic Suzuki Avenis 125 baru-baru ini mendapatkan penarikan (recall) dari  PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) melalui Suzuki Product Quality Update untuk memastikan keamanan dan kualitas produk melalui pemeriksaan serta penggantian komponen yang bermasalah

Recall tersebut melibatkan  108 Avenis 125 yang diproduksi dalam rentang waktu 30 April hingga 3 Desember 2022. Masalah utama yang menjadi perhatian adalah indikasi degradasi material pada pelindung kabel high tension di ignition coil.

Masalah itu dapat mengganggu sistem kelistrikan motor dalam jangka panjang jika tidak segera ditangani.

Degradasi material pada kabel high tension berpotensi menyebabkan gangguan arus listrik yang stabil, yang mana dapat berdampak pada performa keseluruhan mesin.

Jika masalah itu tidak segera diatasi, berisiko menyebabkan  kerusakan lebih lanjut pada komponen kelistrikan lainnya.

BACA JUGA:100 Ribu Mobil BMW Terkena Recall, Ini Masalahnya

PT SIS telah mengumumkan bahwa mereka akan melakukan pemeriksaan menyeluruh pada unit-unit yang terkena dampak dan melakukan penggantian komponen Ignition Coil Assy jika ditemukan masalah.

Recall itu diberikan secara gratis kepada semua pemilik Suzuki Avenis 125 yang terdaftar dalam rentang produksi tersebut.

“Sebelumnya prinsipal kami telah mengumumkan adanya pemeliharaan kualitas komponen pada model global yaitu Avenis 125,” ujar Asst to Department Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Hariadi dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (15/08/2024).

Sementara penggantian komponen, jika diperlukan, akan memakan waktu maksimal satu jam. Pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun selama proses itu berlangsung, sehingga diharapkan mereka segera membawa kendaraan mereka ke bengkel resmi Suzuki untuk pemeriksaan.

Pelanggan dapat memeriksa apakah kendaraan mereka termasuk dalam program recall dengan mengunjungi situs resmi www.suzuki.co.id dan memasukkan nomor rangka kendaraan.

Alternatif lainnya, pelanggan bisa langsung mengunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat di seluruh Indonesia untuk mendapatkan layanan pemeriksaan.

Meski hingga saat ini tidak ada laporan keluhan dari pengguna Suzuki Avenis 125 terkait recall, PT SIS tetap menghimbau agar semua pemilik kendaraan yang termasuk dalam daftar recall untuk segera melakukan pemeriksaan.

Keamanan berkendara menjadi prioritas utama, dan PT SIS berkomitmen untuk memastikan semua unit Suzuki Avenis 125 yang beredar di pasaran dalam kondisi prima.

Apabila teknisi Suzuki mendapati adanya indikasi masalah pada komponen ignition coil, PT SIS akan melakukan penggantian komponen secara gratis.

Hal itu dilakukan untuk menjamin performa motor tetap optimal dan pengguna terhindar dari risiko yang tidak diinginkan di jalan.

 

(Saepul/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Marc Marquez MotoGP Austria
Tampil Garang di MotoGP Austria 2024, Marc Marquez Bangkit dari Posisi 13 Finis di Empat Besar
Brentford
Hasil Pertandingan: Brentford vs Crystal Palace Berakhir 2-1
BMW CE 02
BMW CE 02 Siap Mengaspal, Punya Fitur Unik Mirip Mobil!
Kuliner Malam Jombang
6 Rekomendasi Tempat Kuliner Malam di Jombang
Candi Rimbi Jombang
Lokasi, Jam Buka dan Tiket Masuk Candi Rimbi Jombang
Berita Lainnya

1

Lengkap, Kelebihan dan Kekurangan Kijang Super

2

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

3

Ciri-ciri Kucing Pemburu Tikus yang Baik

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Daftar Pajak Isuzu Panter 2024, Lengkap Semua Tipe!
Headline
Persib Bandung Sadar Akan Ganasnya Dewa United
Persib Bandung Sadar Akan Ganasnya Dewa United, Bojan Hodak: Ini Akan Menjadi Laga Yang Sulit
Dewa United Bidik Poin Sempurna Kontra Persib
Dewa United Bidik Poin Sempurna Kontra Persib
Mohamed Salah Gol Liverpool
300 Kontribusi Gol untuk Liverpool Ditorehkan Mohamed Salah
Timnas Voli Putra Indonesia
Raih Dua Kemenangan Timnas Voli Putra Indonesia Tempati Posisi Klasemen Rawan