Lagi-lagi Aksi Kriminal KKB Bunuh 1 Warga Sipil dan Bakar Truk di Yahukimo

Aksi Kriminal KKB Bunuh 1 Warga Sipil dan Bakar Truck
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Yahukimo lagi-lagi melakukan aksi kriminal dengan melakukan pembunuhan terhadap satu warga sipil di kabupaten yahukimo dan membakar 1 truk pada Rabu 31 Juli 2024, pukul 13.30 Wit (dok. humas.polri)

Bagikan

BANDUNG,TEROPONGMEDIA.ID — Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Yahukimo lagi-lagi melakukan aksi kriminal dengan melakukan pembunuhan terhadap satu warga sipil di kabupaten yahukimo dan membakar 1 truk pada Rabu 31 Juli 2024, pukul 13.30 Wit.

Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani, mengatakan, insiden tersebut terjadi pada rabu siang di Jalan menuju Kampung Masi, Yahukimo, Papua Pegunungan.

“Dapat kami menyapaikan bahwa, benar telah telah terjadi pembunuhan terhadap warga sipil dan pembakaran 1 unit truk dikabupaten yahukimo yang dilakukan oleh KKB wilayah yahukimo,” terang Brigjen Pol Faizal Ramadhani dalam keteranganresminya melalui humas.polri.

Berdasarkan hasil indentifikasi, diketahui Korban bernama Abdul Muzakir, lahir di Lendang Nangka, 21 Juni 1992, beragama islam, beralamat di jalan paradiso distrik dekai, kabupaten yahukimo dan berkerja sebagai supir truk.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno, dalam keteranganya mengatakan bahwa, Menurut informasi yang diperoleh, insiden ini terjadi ketika korban Abdul Muzakir, yang merupakan supir truk, sedang dalam perjalanan menuju Kampung Masi untuk mengambil kayu. Truk tersebut membawa 16 orang, dengan 13 orang duduk di bak belakang dan 3 orang di kabin depan.

“Saat truk melaju, tiba-tiba KKB yang berjumlah enam orang muncul dari semak-semak dan mengadang truk tersebut. Satu dari enam orang tersebut membawa senjata api jenis SS2, sementara lima lainnya membawa senjata tajam jenis parang. Melihat ancaman tersebut, Korban Abdul Muzakir segera memutar truk untuk melarikan diri ke arah kota. Namun, truk mengalami kendala dan mati di tengah jalan, sehingga posisinya melintang dan menghalangi jalan,” terang Kombes Bayu.

Lanjutnya, Korban Abdul Muzakir dan rekanya Neri Ommu (saksi) segera melarikan diri, namun korban Abdul Muzakir mengalami nasib tragis.

Korban ditemukan meninggal di lokasi kejadian dengan Kondisi tubuh korban mengalami luka-luka. Jenazah Korban telah dievakuasi ke RSUD Dekai untuk penanganan lebih lanjut.

Kombes Pol. Dr. Bayu Suseno kembali menerangkan, Rekan Korban Neri Ommu (Saksi), berhasil melarikan diri dan melaporkan kejadian tersebut.

BACA JUGA: KKB Hancurkan Fasilitas Pendidikan di Distrik Okbab

Menurut Saksi Neri Ommu, pelaku berjumlah enam orang dengan satu membawa senjata api dan lima lainnya membawa parang. Mereka menggunakan pakaian yang mencirikan kelompok KKB, dengan salah satu pelaku mengenakan baju kaos bermotif loreng, rambut gimbal, dan ikat kepala berwarna merah, kuning, dan hitam.

“Barang bukti yang ditemukan Di lokasi kejadian, yaitu, dua unit handphone yang terbakar, lima botol minuman dingin, satu kantung kresek berisi pinang, satu pasang sandal merek Swallow berwarna hijau, dan satu bungkus rokok merek Essedouble,” tutur Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz.

Hingga saat ini, ke 13 penumpang yang berada pada bak truk bagian belakang, belum diketahui keberadaanya dan masih dalam pemcarian oleh tim gabungan Satgas Ops Damai Cartenz dan Polres Yahukimo juga Brimob Polda Papua.

Ditambahkanya, Pelaku merupakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang beroperasi di wilayah Yahukimo dan Hingga saat ini, pihak kepolisian dalam hal ini, satgas Damai cartenz, dan polres yahukimo masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengidentifikasi pelaku.

 

 

(Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Prediksi Skor Persis vs Persija
Prediksi Skor Persis vs Persija di Perebutan Tempat Ketiga Piala Presiden 2024
one piece 1122
Link Baca Komik One Piece 1122 Sub Indo, Cek!
Gregoria
Gregoria Siap Hadapi Ratchanok Intanon di Perempat Final Olimpiade Paris 2024
jokowi minta maaf (1)
Jokowi Minta Maaf, PKS: Sampaikan Kekurangan 10 Tahun
anggota bin ngamuk
Viral Pria Ngaku Anggota BIN Ngamuk Ditangkap Warga, Polisi Tidak Bisa Menahan
Berita Lainnya

1

Kerangka Ibu dan Anak Gegerkan Bandung Barat, Polisi Temukan Petunjuk

2

MSR Terima B1 KWK PAN

3

Ribut Soal Cerai, Watak Suami Nisya Ahmad Jadi Sorotan

4

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

5

Amerika Serikat Dipastikan Biayai Pengembangan Semikonduktor Indonesia
Headline
10 Daftar Barang yang Bakal Kena Bea Cukai
10 Daftar Barang yang Bakal Kena Bea Cukai
Tyronne del Pino Doyan Kulineran di Bandung
Tyronne del Pino Doyan Kulineran di Bandung
Harga Referensi Komoditas Sawit Mentah Naik pada Agustus
Harga Referensi Komoditas Sawit Mentah Naik pada Agustus Jadi US$ 820 per MT
Fakta Tentang Imane Khelif Petinju Asal Aljazair
Fakta Tentang Imane Khelif Petinju Asal Aljazair, Dituding Transgender