Jokowi Minta Maaf, Nasdem: Sadar Tidak Sempurna

jokowi minta maaf-3
(RM)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Waketum Partai NasDem Ahmad Ali (Mad Ali) merespons soal permintaan maaf Joko Widodo (Jokowi) pada masyarakat Indonesia di sisa akhir masa jabatannya. Ali mengatakan hal ini sebagai bentuk pertanggungjawaban moral seorang pemimpin.

“Ya saya pikir yang disampaikan Pak Jokowi itu adalah sebagai pertanggungjawaban moral sebagai seorang pemimpin bahwa kita tahu, dalam proses politik maupun dalam berbangsa, selama ini banyak sekali orang, sekelompok, yang kemudian menyampaikan aspirasinya kepada pemerintah. Dan sekian banyak aspirasi itu, pasti tidak semua akan terpuaskan,” kata Ali, Jumat (2/8/2024).

Ali mengatakan, pada hakikatnya, seorang manusia tidak ada yang sempurna dalam menjalankan tugas. Dia menyebut Presiden Jokowi juga merupakan manusia biasa.

“Hakikatnya, sebagai manusia jauh dari kesempurnaan. Tentunya permintaan maaf itu harus kita terjemahkan bahwa Pak Jokowi sebagai manusia biasa menyadari semua itu bahwa, 10 tahun dia menjabat, dia belum bisa memenuhi semua harapan orang,” kata dia.

Ia mengatakan permintaan maaf itu merupakan bagian dari kebesaran hati seorang pemimpin. Ali menilai Jokowi mengesampingkan arogansinya untuk menyampaikan hal itu.

“Bagi saya, itu adalah satu bentuk kebesaran jiwa bagi seorang pemimpin. Jadi mengesampingkan, menghilangkan, arogansi. Jadi kesadaran bahwa tidak sempurna, kesadaran bahwa masih banyak hal yang perlu diselesaikan, itu adalah bentuk kerendahan hati. Artinya, menurut saya, itu hal yang positif dan kita tidak perlu membawa ini dalam konteks politik ya,” tambahnya.

Jokowi minta maaf pada seluruh masyarakat Indonesia menjelang akhir masa jabatannya. Dia sadar bahwa dia dan Wapres Ma’ruf Amin tidak dapat memenuhi harapan semua pihak.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Minta Maaf atas Segala Khilaf di Acara Zikir Kebangsaan

“Di hari pertama bulan kemerdekaan, bulan Agustus. Dengan segenap kesungguhan dan kerendahan hati, izinkanlah saya dan Kiai Haji Ma’ruf Amin ingin memohon maaf yang sedalam-dalamnya atas segala salah dan khilaf selama ini. Khususnya selama kami berdua menjalankan amanah sebagai Presiden Republik Indonesia dan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia,” kata Jokowi.

Jokowi sadar bahwa dia dan Ma’ruf Amin tidak dapat menyenangkan dan memenuhi harapan semua pihak. Jokowi menyebut tidak sempurna dan hanyalah manusia biasa.

 

(Kaje/Usk)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
BBMC Gelar Ulang Tahun ke-36 di Gedung Sate
BBMC Gelar Ulang Tahun ke-36 di Gedung Sate
David da Silva dan Ciro Alves Kian Kompak, Cetak Hattrick di Gim Internal
David da Silva dan Ciro Alves Kian Kompak, Cetak Hattrick di Gim Internal
Prediksi Skor Persis vs Persija
Prediksi Skor Persis vs Persija di Perebutan Tempat Ketiga Piala Presiden 2024
one piece 1122
Link Baca Komik One Piece 1122 Sub Indo, Cek!
Gregoria
Gregoria Siap Hadapi Ratchanok Intanon di Perempat Final Olimpiade Paris 2024
Berita Lainnya

1

Kerangka Ibu dan Anak Gegerkan Bandung Barat, Polisi Temukan Petunjuk

2

MSR Terima B1 KWK PAN

3

Balas Kematian Haniyeh, Pemimpin Iran Ali Khamenei Perintahkan Serang Israel

4

Ribut Soal Cerai, Watak Suami Nisya Ahmad Jadi Sorotan

5

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!
Headline
ismail haniyeh instagram
Diduga Mencekal Berita Duka Ismail Haniyeh, Turki Blokir Instagram
Aksi Kriminal KKB Bunuh 1 Warga Sipil dan Bakar Truck
Lagi-lagi Aksi Kriminal KKB Bunuh 1 Warga Sipil dan Bakar Truk di Yahukimo
10 Daftar Barang yang Bakal Kena Bea Cukai
10 Daftar Barang yang Bakal Kena Bea Cukai
Tyronne del Pino Doyan Kulineran di Bandung
Tyronne del Pino Doyan Kulineran di Bandung