5 Kuliner Malaysia yang Biking Ngiler!

Kuliner Malaysia
Kuliner Malaysia. (istokphoto)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Setiap negara pasti memiliki kuliner khas yang diwariskan oleh nenek moyangnya, termasuk Malaysia.

Tidak kalah dari negara lainnya, Malaysia juga mempunyai resep masakan yang otentik dan masih bertahan sampai saat ini.

5 Kuliner Khas Malaysia

Berikut ini merupakan daftar nama makanan khas Malaysia yang populer dengan cita rasanya yang otentik.

1. Nasi Lemak

Nasi Lemak adalah salah satu makanan khas Malaysia yang paling populer. Kuliner ini mirip dengan Nasi Uduk di Indonesia, yaitu beras yang Anda masak dengan santan dan daun pandan.

Sebagai pelengkapnya, ada tambahan beberapa jenis lauk, seperti sambal, ikan bilis, kacang tanah, telur rebus, mentimun, ayam goreng, sotong, dan bahkan rendang.

Nasi Lemak akan terasa lebih nikmat bila tersaji di atas daun pisang karena ada sensasi aroma khas dari daun pisang. Satu porsi Nasi Lemak cukup mengenyangkan karena komposisinya sangat lengkap.

Sangat cocok untuk Anda jadikan menu sarapan atau makan siang. Anda juga tidak akan kesulitan untuk menemukan kuliner yang satu ini karena banyak dijumpai di warung-warung biasa dan juga restoran.

2. Apam Balik

Malaysia juga punya variasi terang bulan bernama Apam Balik yang punya rasa yang tidak kalah enak dari terang bulan biasa. Kue ini memiliki isian yang berupa adonan kacang tanah, gula, dan mentega.

Teksturnya juga sedikit berbeda, bila terang bulan Indonesia memiliki tekstur yang empuk dan lembut, Apam Balik justru memiliki tekstur yang renyah di bagian pinggirnya, namun lembut di bagian tengahnya.

Selain enak, Kue Apam Balik ini juga murah dan mudah Anda jumpai di penjual-penjual kaki lima di pinggir jalan, di pasar, dan di restoran.

Apam Balik hadir dalam beberapa varian rasa, seperti cokelat, keju, dan durian. Bagi yang penasaran, Anda bisa agendakan liburan ke Malaysia, salah satu negara bebas visa untuk Indonesia, dalam waktu dekat.

3. Asam Laksa

Untuk kuliner yang satu ini merupakan salah satu makanan khas Melayu Malaysia yang terkenal. Asalnya dari Penang yang terkenal dengan masyarakat dari rumpun Melayu terbesar di Negeri Malaysia.

Asam Laksa adalah sebuah masakan tradisional Melayu yang berupa mie siram kuah asam pedas. Kuah asam pedas ini terbuat dari kaldu ikan, ikan, asam jawa, bunga kantan, daun kesum, dan bumbu lainnya.

Hidangan ini biasanya tersaji dengan beberapa bahan pelengkap, seperti timun, bawang merah, nanas, daun selada, dan sambal belacan.

4. Roti Canai

Ada kuliner lainnya di Malaysia yang identik dengan masakan India, yaitu Roti Canai. Roti Canai sendiri adalah roti bundar pipih yang terbuat dari tepung. Cara membuatnya cukup digoreng dengan sedikit minyak seperti membuat pancake.

Soal tekstur, bagian luar Roti Canai memiliki tekstur renyah karena sedikit kering, sedang bagian dalamnya tetap lembut dan empuk. Dari segi rasa, netral saja, layaknya roti tanpa garam ataupun gula, jadi cocok Anda santap dengan berbagai jenis lauk.

Paling nikmat bila Anda santap dengan menyocolnya ke dalam kuah kari yang pedas dan gurih. Namun jika ingin mendapatkan cita rasa yang lebih ringan dan sederhana, cukup sajikan Roti Canai ini dengan sambal atau gula aren cair.

5. Nasi Kandar

Daftar makanan khas Malaysia yang paling populer berikutnya yaitu Nasi Kandar yang tak lain adalah nasi campur-nya Malaysia. Dalam satu porsi Nasi Kandar, selain berisi nasi putih, terdapat juga tambahan banyak jenis lauk, seperti ayam goreng, daging rendang, ikan goreng, telur, sayur, dan kuah kari.

Cita rasanya tentu sangat kompleks dan kaya karena terdiri dari banyak kondimen dengan cita rasa yang berbeda-beda. Namun kombinasi rasanya akan membuat Anda ketagihan untuk terus menyantapnya.

BACA JUGA: Jelajahi 10 Kuliner Terbaik di Jombang

Sejumlah kuliner khas Malaysia tersebut menjadi hidangan yang memiliki nilai budaya tinggi, sehingga dapat memberikan pengalaman yang berbeda saaat Anda memesannya.

 

(Virdiya/Aak)

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
Kampus terbaik Sumatera
Berdasar Versi Webometrics USK Menjadi Kampus Terbaik Nomor Satu di Sumatera
Adam Alis Persib Bandung
Adam Alis Bicara Soal Tantangan Bersama Persib Bandung, Bukan Hanya Liga!
Penang Malaysia
5 Meseum Penang, Ada Replika Makanan Malaysia
Berburu harta karun
10 Tempat Cache di Dunia Untuk Lakukan Aksi Geocaching
Final Piala Presiden 2024 Arema FC vs Borneo FC
Catatan Kemenangan Arema FC di Piala Presiden, Siapkan Taktik Khusus Hadapi Borneo FC
Berita Lainnya

1

Jokowi Dikritik Dewan Pers, Lebih Memilih Ajak Influencer Ketimbang Wartawan ke IKN

2

Pesta Miras, Jawara Cililin Tewas Ditikam Kawan

3

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

4

Daftar Pajak Kijang Diesel, Semua Tipe Lengkap!

5

Profil Meita Irianty yang Terseret Kasus Penganiayaan di Daycare
Headline
bulutangkis olimpiade paris 2024
Gagal ke Semifinal Olimpiade Paris 2024, Fajar/Rian Dihentikan Ganda Putra China Weikeng/Chang
amerika-indonesia
Amerika Serikat Dipastikan Biayai Pengembangan Semikonduktor Indonesia
anwar ibrahim instagram
PM Malaysia 'Ngamuk' Postingannya Tentang Ismail Haniyeh Dihapus Instagram
Sidang PK Saka Tatal Tuntas
Sidang PK Saka Tatal Tuntas, Penyidik Polresta Cirebon Mangkir