Goodbye CVT Jadul, YECVT Nmax Turbo Sudah Pintar!

nmax turbo
(Dok.Yamaha)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Yamaha meluncurkan model terbaru dari Nmax yang datang dengan teknologi inovatif bernama ‘Turbo’. Meski memasukan nama turbo, Yamaha tidak memasangkan komponen turbo seperti pada umumnya. Teknologi ini diklaim membuat mesin motor 155 CC  memberikan performa lebih baik.

Penyematan nama turbo pada skutic matic itu berkaitan dengan Yamaha Electronic Continuously Variable Transmission (YECVT) dan YShift.

Cara Kerja CVT Nmax Turbo

Deputy General Manager Marketing Communication PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, menjelaskan, YECVT ini menggantikan sistem CVT lama.

Bentuk turbo ini juga tidak seperti keong bersuara ‘Stututu’. Sistem CVT lama dari Yamaha Nmax  terbaru kini menggunakan roller terbaru yang bernama Transmission Control Unit (TCU). TCU ini tidak bekerja secara konvensional, melainkan dengan mekanisme elektrikal.

Sistem kerja YECVT melibatkan pulley primer pada motor yang tergerak oleh motor penggerak TCU. Input dari seberapa besar kerja TCU dipengaruhi oleh sistem YShift pada setang sebelah kiri yang diatur pengendara.

Ini tentu berbeda dengan cara kerja CVT konvensional di mana maju mundur pulley mengandalkan roller yang mendorong mangkok pulley agar belt naik turun. Nmax terbaru ini tidak lagi menggunakan roller untuk menggerakkan belt ke pulley depan, atas, atau bawah. Penggeraknya sudah tergantikan oleh teknologi TCU.

YShift merupakan teknologi Yamaha fungsinya untuk mengatur seberapa besar TCU menggerakkan pulley. TCU ini dapat diatur dengan tiga tingkatan yaitu low, medium, dan high.

Fungsi dari YShift bisa langsung terlihat di layar HUD Yamaha Nmax Turbo. Menurut internal Yamaha, sistem baru ‘Turbo’ ini membuat motor berakselerasi lebih cepat ketika menempuh jarak 200 meter dibandingkan Nmax sebelumnya.

Penggunaan YShift

YShift memberikan kebutuhan berkendata  seperti mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, touring, performance riding, dan bahkan bisa juga mengatur kecepatan ketika akan deselerasi menuju tikungan. Teknologi ini memberikan fleksibilitas dan kontrol lebih bagi pengendara dalam berbagai situasi berkendara.

Yamaha Nmax  terkini membawa peningkatan signifikan pada performa mesin. Dengan teknologi YECVT dan YShift, motor ini mampu memberikan akselerasi lebih baik dan responsif. Sistem TCU yang terkendali secara elektronik memastikan bahwa perpindahan daya dari mesin ke roda belakang terjadi dengan lebih efisien dan mulus.

Selain peningkatan performa, Yamaha Nmax Turbo juga hadir dengan desain dan fitur modern. Body yang aerodinamis dan ergonomis untuk memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara. Panel instrumen digital memberikan informasi yang lengkap dan mudah dibaca oleh pengendara.

Ada dua tipe Yamaha Nmax baru yang meluncur, yaitu Yamaha Nmax Neo dan Yamaha Nmax Turbo. Untuk model Turbo terbagi lagi menjadi tiga jenis, salah satunya merupakan edisi terbatas. Berikut ini adalah harga masing-masing unit motor khusus Yamaha Nmax Turbo:

  • Yamaha Nmax Turbo: Rp 37.750.000
  • Yamaha Nmax Turbo Tech Max: Rp 43.250.000
  • Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate: Rp 45.250.000

Setiap varian  memiliki spesifikasi yang sedikit berbeda untuk memenuhi kebutuhan berbagai kalangan pengguna. Varian Tech Max dan Tech Max Ultimate menawarkan fitur tambahan seperti suspensi yang lebih baik, sistem audio yang lebih canggih, dan material jok yang lebih premium.

(Saepul/

Baca berita lainnya di Google News dan Whatsapp Channel
Berita Terkait
Berita Terkini
MSC 2024
Daftar Tim Lolos Babak Playoff MSC 2024
Bayar UKT Lewat Pinjol
Soal Mahasiswa Bayar UKT Lewat Pinjol, Pengamat Pendidikan: Pemerintah Lempar Tanggung Jawab
aspal hotmix hrs
Keunggulan Aspal Hotmix HRS, Tahan Lama dan Kokoh
Good Doctor
Film Amerika "The Good Doctor" Ceritakan Soal Kesehatan, Ini Sinopsisnya
Kesehatan Mental
Pentingnya Memahami Kesehatan Mental dan Menjaga Kesejahteraan Jiwa
Berita Lainnya

1

Gelombang Protes di Kenya: Tolak Kenaikan Pajak Demi Lunasi Utang IMF

2

Tips Beli Tiket Presale Konser Bruno Mars di Jakarta!

3

Salurkan Dana BSPS, bank bjb Tandatangani MOU dengan Kementerian PUPR

4

Kanada Bungkam Venezuela Lewat Adu Penalti 4-3, Tantang Argentina di Semifinal Copa America 2024

5

Jangan Yalla Shoot, Ini Link Streaming Portugal Vs Slovenia Babak 16 Besar Euro 2024
Headline
Prediksi Starter Inggris vs Swiss 8 Besar EURO 2024
Prediksi Starter Inggris Vs Swiss, Duel 8 Besar EURO 2024
Jadwal Sprint Race MotoGP Jerman 2024
Jadwal Sprint Race MotoGP Jerman 2024 Hari Kedua
Kanada Bungkam Venezuela Lewat Adu Penalti 4-3
Kanada Bungkam Venezuela Lewat Adu Penalti 4-3, Tantang Argentina di Semifinal Copa America 2024
Euro 2024
Dani Olmo, Man of the Match Spanyol vs Jerman Perempat Final Euro 2024