5 Rekomendasi Film Tentang Perjuangan Jurnalis

film Civil war
(Tangkapan layar A24)

Bagikan

BANDUNG, TEROPONGMEDIA.ID — Film Civil war salah satu film yang menceritakan kisah seorang jurnalis yang sedang bertugas di situasi perang. Perang sering membawa kisah yang sangat tegang dan bahaya. Di garis terdepan jurnalis berjuang demi menyampaikan kebenaran pada dunia. Para jurnalis menghadapai risiko besar demi melaporkan peristiwa penting yang terjadi di zona yang sedang terjadi konflik.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas lima film yang mengisahkan perjuangan para jurnalis perang, salah satunya film Civil war. Film-film ini menyoroti keberanian dan dedikasi mereka dalam mengungkapkan kebenaran di tengah situasi konflik yang berbahaya.

1. One Step on a Mine, It’s All Over (1999)

Berlatar di Kamboja tahun 1972, One Step on a Mine, It’s All Over mengikuti kisah Taizo Ichinose, seorang fotografer perang asal Jepang yang berjuang untuk mengabadikan realita pahit perang dan penderitaan rakyat Kamboja. Taizo awalnya hanya meliput perang untuk memperoleh penghargaan, namun ia dihadapkan pada pilihan sulit antara keselamatannya dan tanggung jawabnya untuk mengabarkan kebenaran.

One Step on a Mine, It’s All Over adalah film yang sarat dengan drama, aksi, dan refleksi tentang kenyataan pahit perang serta peran penting jurnalis dalam menyampaikan kebenaran.

2. Under Fire (1983)

Under Fire bercerita tentang Russell Price, seorang fotografer perang yang terjebak dalam revolusi di Nikaragua. Saat berusaha mengabadikan gambar-gambar paling mencolok dari konflik tersebut, Russell dilema moral antara melaporkan kebenaran dan menjaga keselamatan orang-orang di sekitarnya. Ketegangan memuncak ketika ia semakin terlibat dengan para pejuang revolusi dan pemerintah yang korup.

Di tengah kekacauan, Russell membentuk hubungan erat dengan dua jurnalis lainnya, Claire dan Alex, yang juga terjebak dalam konflik ini. Hubungan mereka diuji oleh bahaya dan pengkhianatan, sementara mereka berjuang untuk mengungkap kenyataan yang sebenarnya terjadi di lapangan.

3. Film Civil War (2024)

Berlatarkan Amerika Serikat yang sedang perang saudara, film Civil War mengisahkan perjalanan Lee Smith, seorang jurnalis perang ternama yang nekat melakukan perjalanan berbahaya melintasi negara bagian menuju Washington D.C.

Bersama dua rekannya, Joel dan Sammy, serta seorang jurnalis muda bernama Jessie Cullen, mereka bertekad mencapai Washington D.C. dan mewawancarai Presiden AS sebelum pemberontak berhasil merebut kekuasaan. Namun perjalanan mereka penuh dengan pertempuran sengit dan ancaman dari berbagai pihak di tengah perang yang semakin bergejolak.

4. A Private War (2018)

A Private War adalah film biografi yang mengisahkan kehidupan jurnalis perang legendaris, Marie Colvin, yang berani meliput konflik di berbagai belahan dunia. Dia memiliki komitmen mengungkap kebenaran, Marie sering kali mempertaruhkan nyawanya di medan perang paling berbahaya.

A Private War mengungkap perjalanan emosional dan fisik Marie saat ia berjuang melawan trauma pribadi sambil tetap fokus pada misinya. Bersama fotografer Paul Conroy, Marie melaporkan kengerian yang terjadi di Suriah, mengungkap penderitaan warga sipil di tengah konflik brutal.

BACA JUGA: Fakta Menarik Film Civil War 2024, Bakal Tayang di Indonesia?

5. Camille (2019)

Rilis 2019, Camille menceritakan perjalanan Camille Lepage, seorang fotografer muda asal Prancis, dalam mendokumentasikan konflik di Afrika Tengah. Dia memiliki keinginannya untuk menyoroti ketidakadilan dan penderitaan, Camille berani mengambil risiko besar di tengah zona perang yang berbahaya. Camille menangkap dedikasinya untuk menceritakan kisah-kisah yang sering diabaikan oleh dunia luar.

Di tengah kekacauan dan kekerasan, Camille menjalin hubungan dengan penduduk lokal yang membantunya memahami situasi di lapangan. Persahabatan dan momen-momen kemanusiaan di antara konflik menjadi sorotan dalam perjalanan emosional ini.

 

(Kaje/Budis)

Baca berita lainnya di Google News!
Berita Terkait
Berita Terkini
Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia
Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia, Timnas Pot Keenam, Calon Lawan Berat?
Jorge Martin
Bos Ducati Sedih Harus Kehilangan Jorge Martin dan Enea Bastianini di MotoGP 2025
Persib Akan Maksimalkan Waktu Pramusim
Persib Akan Maksimalkan Waktu Pramusim
Manchester United Pertahankan Erik Ten Hag
Manchester United Pertahankan Erik Ten Hag Musim Depan, Ini Alasanya
hujan angin
Waspada! Hujan Disertai Angin Kencang Berpotensi Melanda Wilayah Jakarta
Berita Lainnya

1

Indonesia Dapat Status Darurat Pornografi Anak dalam Tiga Tahun Terakhir

2

Kadis ESDM Malut Ikut Berpartisipasi Penanaman Pohon Bersama di Area Reklamasi PT Tekindo Energi

3

Link Live Streaming Timnas Indonesia Vs Filipina Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selain Yalla Shoot

4

Daftar Pajak Isuzu Panther, Semua Tipe Lengkap!

5

Dahsyat! Plt Wakil Otorita IKN Raja Juli Minta Tambah Anggaran Rp29 Triliun
Headline
Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia Timnas Indonesia
Media Vietnam Sorot Timnas Indonesia Lolos ke Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Gempa Bumi Magnitudo Guncang Melonguane Pantai Barat Kepulauan Talaud
Gempa Bumi M 6,0 Guncang Melonguane Pantai Barat Kepulauan Talaud, Tak Berpotensi Tsunami
Jembatan Babakan Sapaan Penuh Sampah Viral
Jembatan Babakan Sapaan Penuh Sampah Viral, Bey Cek Citarum, Buat Apa?
Hengky Kurniawan: KBB Darurat Sampah
Kondisi Sampah di Bawah Jembatan BBS Dipantau Pandawara Group, Hengky Kurniawan: KBB Darurat Sampah!